Mengatasi Gtk-WARNING cannot open display: :0

Posted by

Aplikasi Two Factor Authentication/2FA yang sudah saya gunakan adalah Google Authenticator. Aplikasi ini sudah saya install pada Smartphone dan memiliki beberapa key dari beberapa layanan. Salah satunya adalah email server Internal Excellent.

Sebagai upaya pencegahan dan meningkatkan keamanan, tentu saya mengaktifkan TFA untuk akses email. Bagaimana cara mengaktifkannya? silakan lihat panduannya pada tautan berikut: TWO FACTOR AUTHENTICATION (2FA/TFA) UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN AKSES EMAIL.

Setiap membuka webmail, saya akan diminta kode unik hasil dari generate aplikasi Authenticator. Hal yang saya lakukan adalah membuka aplikasi Google Authenticator pada Smartphone. Lalu memasukkan kode unik tersebut yang akan otomatis tergenerate setiap 30 detik sekali. Selain email, ada beberapa layanan lain sudah diaktifkan TFA nya juga. Maka, saya harus selalu membuka aplikasi Google Authenticator pada Smartphone apabila hendak akses layanan yang lain. Lama-lama saya tidak nyaman juga 😀 . Memang ada ungkapan. Keamanan berbanding terbalik dengan kenyamanan 😀

Akhirnya beberapa waktu yang lalu saya memutuskan untuk memindahkan key tersebut pada aplikasi Authenticator yang lain. Aplikasi tersebut adalah Authy. Authy saat ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan Google Authenticator. Diantaranya adalah :

  • Tersedia aplikasi untuk Smartphone ataupun Desktop
  • Adanya sinkronisasi pada semua Device
  • Jika aplikasi diuninstall, maka key tidak hilang (backup cloud). Cukup install Authy ditempat lain, masukkan email atau nomor telp yang didaftarkan, maka key yang pernah ditambahkan akan muncul kembali.
Gambar dari : https://snapcraft.io/authy

Ketika saya menggunakan laptop, saya tidak perlu lagi membuka Smartphone ketika membutuhkan kode hasil generate. Cukup buka saja Authy desktop yang sudah diinstall dan kode-kode hasil generate akan muncul. Ketika menambahkan key baru melalui desktop, maka key baru tersebut akan sync dengan aplikasi yang terinstall pada Smartphone. Begitu juga sebaliknya.

Nah, beberapa hari yang lalu, saya install aplikasi Authy Desktop menggunakan Snap. Sesuai dengan panduan yang diberikan oleh Authy. Kebetulan, saya menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu dan openSUSE. Instalasi Authy via Snap pada Ubuntu, berjalan dengan lancar. Aplikasi dapat dibuka dengan baik. Namun kendala muncul ketika Authy saya install via Snap pada openSUSE. Authy desktop tidak dapat dibuka. Meskipun saya sudah lakukan restart.

Ketika membuka Authy via terminal/konsole, muncul error seperti berikut

ahmad@~:~> authy
Invalid MIT-MAGIC-COOKIE-1 key
(authy:3544): Gtk-WARNING **: 07:47:29.941: cannot open display: :0

Kemudian coba cari solusinya diinternet dan ketemu. Cukup jalankan perintah xhost + dan aplikasi Authy dapat dibuka dengan lancar.

ahmad@~:~> xhost +
Invalid MIT-MAGIC-COOKIE-1 keyaccess control disabled, clients can connect from any host

Dari beberapa literatur yang saya baca, perintah tersebut cukup berbahaya. Bisa dilihat dari pesan yang muncul ketika xhost dijalankan. Yaitu “keyaccess control disabled, clients can connect from any host”. Silakan gunakan perintah xhost + untuk tujuan troubleshoot saja. Akhirnya perintah xhost dibuat lebih spesifik menjadi seperti berikut :

/usr/bin/xhost si:localuser:ahmad

Catatan: si:localuser adalah options dari perintah xhost. Sedangkan ahmad, adalah user yang saya gunakan pada openSUSE.

Alhamdulillah aplikasi Authy sudah bisa dibuka dengan lancar pada openSUSE. Masalah yang lain adalah saya harus menjalankan perintah tersebut di Konsole setiap baru login. Untuk mengotomatiskannya, saya jalankan script tersebut pada autostart-scripts

Buat file xhost-authy

vi /home/ahmad/.config/autostart-scripts/xhost-authy

Isi dengan script seperti berikut :

/usr/bin/xhost si:localuser:ahmad

Catatan: ahmad adalah folder home dan user yang digunakan untuk login. Silakan disesuaikan

Berikan hak akses eksekusi

chmod +x /home/ahmad/.config/autostart-scripts/xhost-authy

Testing restart laptop dan Taraaaa. Sekarang Authy sudah dapat dibuka langsung tanpa harus menjalankan perintah xhost pada Konsole.

Problem Gtk-WARNING cannot open display: :0 bisa jadi bermasalah juga ketika menjalankan aplikasi lain. So, workaround ini bisa juga diaplikasikan untuk aplikasi lain tersebut. Kebetulan dalam case disini, muncul Gtk-WARNING ketika membuka aplikasi Authy

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.