Ramadan Challenge : Menghapal Surat Al-Mulk

Posted by

Sebelum dimulainya puasa atau masuk bulan Ramadan, saya masih aktif menggunakan Facebook dan scroll-scroll melihat news ataupun update status dari teman-teman Facebook. Memang, saat ini account Facebook saya dalam kondisi deactive. Hal tersebut sengaja saya lakukan. Sama seperti bulan puasa tahun kemarin. Account FB ini biasanya saya aktifkan kembali setelah lebaran.

Kira-kira 2 hari sebelum puasa, ada teman FB yang membagikan status dari salah satu page. Nama page nya Ilmfeed. Status dari page tersebut menginformasikan tentang “Ramadan Surah Al Mulk Challenge”. Waaaah, menarik nih (sepintas dalam pikiran saya). Kenapa tahun lalu saya tidak kepikiran untuk membuat challenge kegiatan atau suatu yang hendak dicapai/didapatkan ketika bulan puasa. Selain dari membaca Al-Quran dan berusaha untuk menghatamkannya selama bulan puasa. Padahal, setelah saya buka link tersebut, challenge tersebut sudah di publish di tahun 2017. Itu artinya di bulan puasa kemarin. Weleeeh, ketinggalan info nih 😀

Sumber Gambar : Ilmfeed
Sumber Gambar : Ilmfeed

Challenge tersebut saya coba aplikasikan dibulan puasa ini. Yaitu menghapal surat Al-Mulk yang memiliki 30 ayat. Minimal, satu hari menghapal 1 ayat. Meskipun satu hari bisa lebih dari 1 ayat yang mungkin bisa dihapal.

Metode yang saya gunakan setiap ayat yang dihapal, awal-awal saya baca beberapa kali sampai ingat. Untuk mengingat yang sudah dihapal, saya coba baca ketika perjalanan kekantor, ketika sampai dikantor dan disela-sela sedang melakukan pekerjaan/free time. Selain itu, dibaca lagi ketika selesai sholat fardu. Alhamdulillah, sejauh ini saya sudah hapal 4 ayat surat Al-Mulk.

Untuk mengingat kembali apabila lupa, saya save gambar yang dishare oleh Ilmfeed. Atau membuka Quran Online di https://quran.com. Mendengarkan murottal dalam bentuk Audio di https://quranicaudio.com/.

Jika challenge ini sukses, saya berencana untuk membuat challenge yang lain. Dan itu tidak mesti dibulan puasa. Semoga saya tetap semangat dan istiqomah dalam menjalankannya. Bisa melawan rasa malas dan lalai yang selalu muncul 🙂

Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.