Serial Ulang Tahun Excellent: Berkunjung ke Kebun Kecil

Posted by

Minggu kemarin, Excellent baru saja merayakan ulang tahun yang ke 9. Eh, yang pertama deh. Tapi yang ke sembilan. Ih, gimana sih maksudnya? maksudnya adalah ulang tahun yang ke 9, namun perayaan yang pertama 😀

Di tahun-tahun sebelumnya, memang tidak dirayakan secara eksplisit. Melainkan secara implisit. Yaitu kegiatan outbound atau brainstorming di luar kota. Seperti kegiatan sebelumnya di Kampung Singkur Pangalengan Bandung.

Secara berdiri, Excellent sudah mulai berjalan dari tahun 2007. Dulu masih jomblo fighter. Yang mengerjakan semua pak boss Vavai. Mulai dari urusan sales, teknis ataupun yang lainnya. Pada tahun 2011, barulah Excellent resmi berdiri secara administrasi dan berbadan hukum. Sudah resmi berbentuk PT. Secara akta, didirikan pada tanggaaal hhhmm tanggaaal hhhmmmmm tanggal berapa ya? saya juga lupa wkwkwkwkwk. Pokoknya di bulan Agustus tahun 2011 yang saya ingat. Karena baru saja dirayakan di bulan Agustus kemarin. Masih fresh 😀

Sebelum acara perayaan kemarin, tentu ada persiapan terlebih dahulu disisi team. Mulailah dibentuk kepanitiaan. Mulai dari ketua panitia, seksi perlengkapan, seksi konsumsi, seksi transportasi dan seksi dokumentasi. Kepanitiaan ini dibentuk ketika saya lagi mudik. Lebaran Idul Adha kemarin. Tentu saya tidak termasuk panitia. Pada saat itu. Karena posisi yang jauh dan sulit untuk berdiskusi secara offline. Pas balik lagi ke Bekasi, eeh disuruh jadi panitia. Padahal acara 1 mingguan lagi. Yasudah. Tidak saya tolak. Karena biasanya, panitia dapat lemburan lebih. Wkwkwkwkwk.

Dua hari sebelum acara utama, beberapa team panitia mulai melakukan cek dan ricek kembali daftar yang sudah disiapkan. Saya sendiri merupakan bagian dari panitia acara. Bersama 2 rekan saya. Yaitu mas Andes dan Raihan. Untuk susunan acara dan sejenisnya, Mas Andes dan Raihan yang lebih aktif menyiapkannya. Saya hanya sesekali mengecek dan mengkonfirmasi teknis maksud dari kegiatan yang sudah disusun. Kebetulan, saat itu sedang menangani salah satu klien instansi yang meminta bantuan setup SMTP Relay dan Mail Gatewaynya Excellent di server mereka. Setelah Maghrib, dilanjutkan testing kirim dan terima email via SMTP Relay dan mengecek masalah pada Two Factor Authentication (TFA) Zimbra yang kodenya selalu tidak valid. Setelah dicek, ternyata jam pada server yang telat 1-2 menit. Setelah disesuaikan menggunakan NTP, kode TFA bisa digunakan dan valid.

Saya lihat di lantai bawah, beberapa team sudah mulai pulang ke rumah/kosan masing-masing. Posisi saya saat itu ada di lantai 2. Hanya Ridwan saja yang masih menyiapkan perlengkapan untuk acara ulang tahun. Kebetulan, dia bagian dari seksi perlengkapan. Saat itu jam menunjukkan lebih kurang jam 20. Ridwan masih sibuk memberikan label tulisan pada barang-barang yang akan dibawa ke rumah boss Q dan ke Karawang. Saya jadi tidak tega melihatnya yang sedang menyiapkan sendirian. Akhirnya saya pulang duluan. Karena jika saya masih dikantor, maka saya jadi lihat dia lagi (Ridwan). Lalu muncul perasaan tidak tega. Terus saja seperti itu. Looping. Wkwkwkwk.

Kalo lihat tidak tega. Tapi kalo bantuin mah kagak. Wkwkwkwk

Eits, tapi tetep saya tanya dulu ke Ridwan. Apakah OK jika saya pulang duluan? lalu dijawabnya OK. Yasudah. Saya pulang duluan. hehehehe. Mungkin Ridwan bergumam. “Sialan. Kirain mah nanya mau dibantuin apa nggak. Malah nanya boleh balik duluan atau ngga. Dasar. Burangsik”. Tapi saya salut juga sama Ridwan. Totalitas (y).

Pas balik ke kontrakan, saya langsung mandi dan tidur. Belum sempat beres-beres barang pribadi yang harus dibawa besok (jumat). Tapi saya sudah siapkan list PDF nya. Barang-barang apa saja yang harus dibawa. Pas bangun pagi, baru beres-beres barang pribadi yang harus dibawa. Sebelum berangkat ke rumah Boss Qchen di Tambun, pagi-pagi saya sempatkan ngopi dulu. Kegiatan sehari-hari yang hampir selalu dilakukan. Setelah itu, baru menunaikan panggilan alam dilanjutkan dengan mandi. Entah kenapa, kalo habis ngopi pagi-pagi, perut langsung mules. Lalu nongkrong. Setelah itu perut jadi plooong. Ada bagusnya juga sih. Jadi perut terasa bersih. Dari sisa-sisa makanan kemarin.

Setelah mandi, rapi dan siap, lanjut otw ke rumah Boss Q. Saya dari kontrakan kira-kira jam setengah tujuh. Saya coba lewat jalur ke markas PS. Siapa tahu masih ada team disana yang masih menunggu. Team yang tidak membawa motor, memang janjian di markas PS dan jam setengah tujuh langsung teng berangkat. Namun pengalaman yang sudah-sudah, jam setengah tujuh lebih biasanya masih belum berangkat. Baru jam tujuh berangkat. Malah ada yang nyatanya langsung berangkat ke lokasi tujuan. Padahal sebelumnya sudah janjian kumpul dulu dimarkas. Eh, dia malah langsung. Wkwkwkwk. Tapi setelah saya sampai di markas PS, ternyata sudah pada berangkat. Siip lah. Saya pun lanjut perjalanan ke rumah Boss Q via Duren Jaya.

Saya sampai di Rumah Boss Q hampir jam 8. Saya lihat sebagian besar team sudah sampai dan meriung di teras depan rumah Boss Q. Tidak lama kemudian, muncul mas Arif, lalu Nugi, lalu pak Boss Vavai dan team dari Bandung. Kang Asep. Dikarenakan masih hari dan jam kerja, maka semua team bekerja sebagaimana biasanya. Tentu dengan suasana yang lebih rileks dan santai. Dilanjutkan sholat jumat dan makan siang bersama.

Disore hari sekitar jam 16, seluruh team diajak ke kebun kecil dekat rumah Boss Q. Kebun itu punya Boss Q atau pak boss Vavai tentunya. Dikatakan kecil, karena ada lagi kebun yang lebih besar dari itu. Lokasinya di Karawang. Ditempat dimana perhelatan ulang tahun Excellent akan digelar. Luasnya 8000m2. Ditambah lagi 13000m2. Woooww. Bohaaaaay. Meminjam nama-nama bakso Bunda Abdan untuk menggambarkan rasa terkejut atau takjub 😀

Kebun kecil itu tentunya tidak kecil kelihatannya. Jika dibangun rumah, bisa ada space untuk parkiran, halaman depan dan backyard. Tau ngga backyard? kalo ngga tau, cek aja dah di Google Translate. Wkwkwkwkwk

Salah satu tujuan pergi ke kebun, yaitu untuk menghilangkan penat dan stress setelah seharian bekarja. Selain itu, menghilangkan rasa jenuh dengan suasana yang itu-itu juga. Dikebun itu, juga diadakan games kecil-kecilan. Dimana masing-masing team memegang batang daun singkong yang sudah disiapkan. Diantara daun singkong tersebut, ada daunnya yang di gulung dan “dipiteus”. Agar lebih menarik, pak boss memberikan reward berupa saldo gopay bagi yang memegang batang singkong yang daunnya di gulung dan “dipiteus”. Untuk daun yang digulung, mendapatkan saldo gopay 125k. Sedangkan yang “dipiteus”, mendapatkan saldo gopay 75k. Total ada 2 daun yang digulung dan 2 daun yang “dipiteus”.

Saya sih seru-seruan aja ikut gamesnya. Seolah sedang bernostalgia di waktu kecil saat si emang-emang maenan jualan di depan sekolah. Harus pilih benang lalu ditarik. Mainan itulah yang didapat sesuai dengan benang yang ditarik. Kesempatan menang per sekian kemungkinan supaya dapat mainan yang diinginkan 😀

Saya sih senang dan bersyukur dengan games dikebun itu. Bersyukur karena saya yang menang saldo gopay 125k wkwkwkwk. Menang di kesempatan kedua itu juga. Karena kesempatan pertama, banyak yang iseng. Menggulung atau memetik sendiri daun singkongnya. Supaya dianggap yang menang. Saya termasuk yang iseng itu. Wkwkwkwk

Setelah games seru-seruan, acara dilanjutkan dengan cerita pengalaman atau pencapaian apa saja yang sudah didapatkan atau diharapkan ketika bekerja di Excellent. Cerita dibawakan oleh Rizky dan Alifa.

Hari semakin sore. Saya dan team kembali lagi ke rumah Boss Q. Sebagian team (khususnya perempuan) pamit pulang ke rumah masing-masing. Lalu besok pagi balik lagi ke rumah Boss Q untuk berangkat ke Karawang. Sedangkan team laki-laki, menginap di rumah Boss Q.

Acara malam dirumah Boss Q relatif santai. Setelah makan malam, beberapa team ada yang ngobrol santai, cek beberapa antrian email pada layanan Excellent SMTP Relay dan membantu server klien yang sedang bermasalah via remote.

Ketika muncul rasa ngantuk, saya pindah kedalam rumah untuk tidur disamping Raihan dan Nugi. Saya tidak tahu apa yang terjadi setelahnya ketika saya sudah tertidur disamping mereka berdua. Wkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.