Salah satu aplikasi penunjang pekerjaan pada lingkungan internal Excellent adalah Subversion. Dengan adanya Subversion server,  saya harus install aplikasi Subversion klien untuk melakukan sync dengan data yang ada pada Subversion server. Dikarenakan saya menggunakan KDE, maka saya melakukan instalasi KDESVN sebagai SVN klien. Adapun instalasinya dapat mengikuti panduan berikut : http://www.excellent.co.id/excellent/resource/aplikasi-subversion-terintegrasi-dengan-kde-4-x-pada-opensuse-kdesvn/.

KDESVN hasil instalasi dapat digunakan sebagai mana mestinya, namun setelah melakukan upgrade OpenSUSE 12.3 saya ke OpenSUSE 13.1, KDESVN saya tidak dapat digunakan dengan pesan yang muncul adalah is too old (format 29) to work with client version ‘1.8.4 (r1534716)’ (expects format 31). You need to upgrade the working copy first. Jika saya lihat dari repository, KDESVN yang saya gunakan adalah yang paling update.

Untuk mengatasi hal tersebut agar KDESVN dapat digunakan kembali adalah dengan menjalankan perintah svn upgrade pada working copy. Misalnya dokumen SVN saya berada pada folde /home/ahmad/infokreasindo, maka hal yang saya lakukan adalah dengan masuk pada folder tersebut dan menjalankan svn upgrade

cd /home/ahmad/infokreasindo
svn upgrade

Silakan coba KDESVN untuk melakukan update maupun commit untuk melakukan sync kembali data yang ada di server.

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀