Zextras Carbonio Community Edition (CE) : Mengecek Reputasi Pengiriman Email

Posted by

Setelah Zextras Carbonio Community Edition (CE) dilengkapi dengan SPF, DKIM, PTR dan DMARC, maka secara reputasi kiriman email sudah bagus.

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa Zextras Carbonio Community Edition (CE) yang sudah disetup memiliki reputasi yang bagus?

Salah satu tools yang biasa saya gunakan untuk mengetahui score dari sebuah email yang dikirimkan adalah menggunakan website https://www.mail-tester.com/. Penggunaannya cukup mudah. Cukup akses website tersebut dan kirim email pada email random yang muncul.

Setelah email dipastikan terkirim pada alamat tersebut, klik “Then check your score” untuk mengetahui score dari email yang dikirimkan

Dari hasil testing di atas, email yang dikirimkan mendapatkan nilai 10/10.

Meskipun mendapatkan nilai yang bagus, tidak ada jaminan email yang dikirimkan dapat masuk ke inbox. Karena masing-masing server penerima memiliki pengecekan item-item tersendiri. Sebagai contoh, email yang dikirimkan ke domain gmail.com dari domain yang memiliki bad reputation di sisi Gmail, kemungkinan besar email tersebut akan ditolak oleh Gmail atau masuk pada spam/junk folder. Meskipun secara score pengecekan via mail-tester, nilainya 10/10.

Namun pengecekan via mail-tester, dapat dijadikan sebagai tolok ukur bahwa improvement terhadap domain email sudah sesuai dengan standard.

Jika membutuhkan informasi terkait solusi Zextras (Instalasi dan Implementasi), dapat menghubungi Team Aktiva melalui form: https://www.aktiva.co.id/kontak/ atau email ke sales@aktiva.co.id

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.