Zextras Carbonio Community Edition (CE) : Panduan Konfigurasi DKIM

Posted by

Selain SPF dan PTR, DKIM juga merupakan salah satu improvement yang sebaiknya diimplementasikan pada Zextras Carbonio Community Edition (CE). DKIM berperan untuk memberikan stempel setiap email yang dikirimkan dari server Zextras Carbonio Community Edition (CE). Setiap email yang dikirim, akan menyertakan DKIM signature (private key) yang kemudian dicocokkan dengan public key yang dipublish pada DNS public.

Jika konfigurasi SPF dan PTR cukup menambahkan records disisi DNS public, maka berbeda dengan DKIM. Untuk mengimplementasikan DKIM, harus ada konfigurasi tambahan pada Zextras Carbonio Community Edition (CE). Yaitu melakukan generate private dan public key untuk kebutuhan dkim signature.

Adapun prosesnya seperti berikut

Generate DKIM

su - zextras
/opt/zextras/libexec/zmdkimkeyutil -a -d imanudin.web.id -s carbonio

Keterangan : Opsi -s digunakan untuk membuat custom selector. Jika tanpa opsi -s, maka selector yang dibuat bersifat random.

Jalankan perintah berikut untuk melakukan query DKIM yang sudah digenerate pada Zextras Carbonio Community Edition (CE)

/opt/zextras/libexec/zmdkimkeyutil -q -d imanudin.web.id


Hasil dari perintah diatas, akan mendapatkan informasi lebih kurang seperti berikut

DKIM Public signature:
carbonio._domainkey	IN	TXT	( "v=DKIM1; k=rsa; "
	  "p=MIIBIjANBgkqhkiG9w0BAQEFAAOCAQ8AMIIBCgKCAQEA1ULBYgW6d3KW61nB3x3j07ofH226PI5MheZkID998Gtgd4xXWbQS/RB6ESGN76ASooDeoYv72mZgCWWkO0MVnFJfpze6AGo3M4Ap3eVE5Oe3Xnmf6Zc7tJSM8QByFSdYApc2qXlJ+kF0F0s1SaXnW4K7WLCtv8n017briCF9+2PEfpuKt51HV5Wr9bicNDUQPz+zjA7tZeCw/a"
	  "GE9F4sOPMPoDdye4C/jOwR8U525qdtO1hZc8eia8py/g7SHd8aRG5aR4M2RNI3n8bOEdxMSAGCut4EDkgC1JX1I+wG0OpkWgOH9PX1ZprXdJfvTuqZErL3nNo2MovbFaavYq6ncwIDAQAB" )  ; ----- DKIM key carbonio for imanudin.web.id

Keterangan :
carbonio._domainkey adalah record host yang harus ditambahkan pada DNS public. Record yang ditambahkan adalah tipe TXT. Untuk records public key DKIM adalah tulisan yang berada pada tanda () (kurung) yang diawali dengan “v=DKIM1; ….. sampai dengan tanda kutip”. Block dan copy records tersebut dan check pada website : http://dkimcore.org/tools/. Paste pada bagian key record untuk check dan validasi

Dari hasil pengecekan di atas, masih terdapat key records yang salah, yaitu tanda kutip (“). Buang semua tanda kutip yang berada pada Key Record kemudian klik check kembali. Seharusnya key record DKIM sudah OK. Berikut hasil key record DKIM setelah membuang tanda kutip (“).

Block dan copy key records yang sudah OK tersebut dan masukkan pada DNS server. Di sini saya menggunakan DNS dari Hurricane Electric untuk memasukkan TXT records tersebut.

Coba kirim email pada Gmail atau Yahoo untuk melihat hasil konfigurasi DKIM yang telah dilakukan.

Dari hasil testing pengiriman email ke gmail.com telah didapatkan tanda Signed by yang berarti bahwa DKIM sudah OK. Jika tanda DKIM belum juga muncul, kemungkinan masih adanya proses propagasi DNS.

Jika membutuhkan informasi terkait solusi Zextras (Instalasi dan Implementasi), dapat menghubungi Team Aktiva melalui form: https://www.aktiva.co.id/kontak/ atau email ke sales@aktiva.co.id

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.