Rekomendasi Aplikasi Screenshot pada Linux

Posted by

Didalam pekerjaan sehari-hari, saya sering memberikan screenshot pada klien ataupun pada team terkait informasi yang saya maksud. Penggunaan screenshot tentu memudahkan untuk proses troubleshoot atau kejelasan terkait informasi.

Misalnya ada suatu permasalahan pada aplikasi email klien yang tidak dapat mengirim atau menerima email. Maka untuk mengetahui errornya, dibutuhkan screenshot ketika error terjadi. Contoh lain ketika saya memberikan panduan pada klien untuk mengklik beberapa menu, maka ditambahkan screenshot untuk memperjelas tahapan yang dimaksud.

Aplikasi screenshot yang saya butuhkan sederhana saja. Cukup timer dan copy to clipboard. Lalu dibutuhkan proses editing pada case tertentu seperti memberikan tanda panah, memberikan tanda persegi panjang, tanda oval ataupun text tambahan. Proses tersebut harus dilakukan pada satu aplikasi dan tidak membuka aplikasi lain lagi untuk proses editing.

Sesuai dengan kebutuhan diatas, berikut beberapa aplikasi screenshot yang saya gunakan

1. Spectacle

Aplikasi ini yang saya gunakan awal-awal dan bawaan dari Linux openSUSE. Dulunya bernama Ksnapshot. Namun berubah nama menjadi Spectacle. Aplikasi ini sudah memenuhi kebutuhan saya. Yaitu adanya timer/delay dan Copy to Clipboard

Spectacle

Timer/delay dibutuhkan untuk memberikan jeda kapan screenshot dilakukan. Fungsi ini dibutuhkan apabila hendak mengambil screenshot untuk menu yang harus melewati beberapa menu terlebih dahulu. Adapun Copy to Clipboard agar screenshot tidak perlu disimpan terlebih dahulu (Save/Save as). Dengan fitur ini, saya langsung bisa mem-paste/menempelkan screenshot pada email, WA ataupun Telegram tanpa perlu attach dari penyimpanan. Dengan cara ini, waktu yang dibutuhkan lebih hemat.

2. Flameshot

Selain melakukan screenshot, adakalanya dibutuhkan proses editing pada hasil screenshot tersebut. Misalnya memberikan tanda panah, tanda angka untuk memudahkan tahapan-tahapan, tanda oval ataupun yang lainnya. Aplikasi Flameshot lah yang saya gunakan untuk kebutuhan tersebut.

Tampilan Ksnip yang di screenshot oleh Flameshot

3. Ksnip

Ksnip memiliki fungsi yang sama dengan Flameshot. Ksnip saya gunakan sebagai alternatif dari Flameshot

Ksnip

4. Firefox

Selain berfungsi sebagai browser, Firefox juga berfungsi untuk mengambil screenshot. Tentu screenshot yang diambil terbatas hanya pada browser Firefox saja. Belum bisa dilakukan berdasarkan menu/aplikasi yang lain. Penggunaan Firefox dapat digunakan untuk mengambil screenshot yang panjang yang membutuhkan proses scroll. Misalnya ada suatu artikel yang tulisannya cukup panjang sehingga dibutuhkan scroll untuk membacanya. Dengan firefox, screenshot yang diambil bisa memanjang/scroll.

Firefox take Screenshot

Nah itulah beberapa aplikasi rekomendasi screenshot menurut saya. Silakan komen dibawah jika teman-teman ada aplikasi screenshot lain yang lebih menarik 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.