Tips Patch/Update Zimbra 9 OSE

Posted by

Beberapa hari yang lalu, Zimbra mengeluarkan patch untuk Zimbra versi 8.8.15 dan versi 9. Patch tersebut cukup penting untuk menutup celah keamanan atau bug yang ditemukan pada Zimbra. Bagi pengguna Zimbra NE (Network Edition), dapat langsung melakukan patching pada Zimbra yang digunakan. Bagi pengguna Zimbra OSE, patch tersebut hanya tersedia pada Zimbra versi 8.8.15.

Sayangnya, Zimbra 9 OSE tidak mendapatkan patch langsung dari Zimbra. Sebagai informasi, mulai dari Zimbra 9, binary installer untuk Zimbra 9 OSE sudah tidak disediakan oleh Zimbra secara official. Namun source codenya masih open dan siapa saja bisa membuat binary installer Zimbra 9. Beberapa organisasi yang membuat binary installer Zimbra 9 OSE diantaranya Zextras, Beezim dan Aktiva.

Tampilan Login Webmail Zimbra Universal UI

Mulai dari patch 15, Zimbra menghentikan upload patch pada repository OSE. Jadi, proses patch tidak dapat dilakukan lagi dengan perintah yum update atau apt update.

Meskipun patch Zimbra 9 OSE sudah tidak disediakan oleh Zimbra, ada kabar gembira bagi yang menggunakan Zimbra 9 OSE versi Zextras. Zextras memberikan solusi untuk melakukan patch Zimbra 9 OSE sebagai berikut :

  1. Lakukan full backup pada Zimbra yang saat ini digunakan. Backup bisa berupa cloning, snapshot atau via rsync
  2. Download installer Zimbra 9 melalui link berikut : zextras-build-based-on-zimbra-official-repository
  3. Ekstrak installer dan jalankan script ./install.sh sebagai user root pada folder hasil ekstrak
  4. Jika ada pertanyaan tentang upgrade, pilih yes dan biarkan proses patch/upgrade berjalan
  5. Setelah selesai melakukan patch/update, jalankan perintah yum/apt update untuk memastikan semua pake dan dependensi paling update.

Note : Bagi rekan-rekan yang membutuhkan jasa upgrade Zimbra, jangan ragu untuk kontak saya melalui form kontak diatas 🙂

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 🙂

Sumber : https://community.zextras.com/how-we-solved-the-issue-of-updating-zimbra-9/

2 comments

  1. Hi mas iman ,
    saya pernah coba lakukan hal sama tapi di step terharih ketika di eksekusi apt update dan upgrade dia malah versi nya balik ke patch terhir dari zimbra , apakah pernah mengalami demikian , jadi posisi skrang repo zimbra nya saya matikan baru setalh beres patch dari zextras ( aka upgrade versi zextras lagi 🙂 ) saya update upgrade tanpa mengaktifkan repo dari zimbra nya , pakah cara seperti itu aman .?

    1. Hi mas,
      Pernah mas. Untuk patch terakhir di repository, memang versi tersebut. Jadi akan menyesuaikan dengan versi yang ada di repo. Melakukan apt update/upgrade tanpa mengaktifkan repo Zimbra, seharusnya aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.