Tips Integrasi Zimbra dengan Jitsi Meet

Posted by

Jitsi meet merupakan salah satu aplikasi online meeting Open Source yang saat ini cukup banyak digunakan. Bagi yang tidak ingin menggunakan aplikasi online meeting berbasis cloud seperti Zoom, Webex, Microsoft Teams dan yang lainnya, Jitsi meet digunakan sebagai alternatif pilihan. Hal tersebut dikarenakan Jitsi meet dapat diinstall secara on premise. Semua orang dapat membuat server online meeting sendiri sesuai dengan kebutuhannya.

Meski demikian, Jitsi meet menyediakan versi cloud. Dengan artian pengguna tidak perlu membuat server Jitsi meet sendiri. Pengguna dapat langsung membuat link meeting dari alamat berikut : https://meet.jit.si/. Tanpa perlu registrasi terlebih dahulu dan semua pengguna bisa langsung gabung melalui link yang digenerate.

Untuk membuat link meeting, biasanya user akan membuat terlebih dahulu link nya kemudian diinformasikan/dikirim pada orang-orang yang diundang. Untuk mengotomatiskan hal tersebut, Zimbra memiliki kemampuan integrasi dengan Jitsi Meet. Jitsi meet tersebut diintegrasikan dengan Calendar yang ada pada Zimbra. Secara teknis, alurnya kurang lebih seperti berikut :

  • User membuat calendar meeting melalui Zimbra Webmail
  • Kemudian, user menekan tombol “Jitsi meet” yang sudah diintegrasikan
  • Link “Jitsi meet” akan otomatis tergenerate
  • Link tersebut berada pada bagian location

Proses integrasinya cukup mudah. Silakan ikuti tahapan berikut

# Install Zimlet Jitsi Meet

Jalankan perintah berikut jika menggunakan CentOS

yum install zimbra-zimlet-jitsi -y

Jalankan perintah berikut jika menggunakan Ubuntu

apt install zimbra-zimlet-jitsi -y

Secara default, Jitsi URL diarahkan pada link https://meet.jit.si. Jika memiliki server Jitsi Meet sendiri, silakan ikuti tahapan berikut untuk menyesuaikan Jitsi URL-nya

su - zimbra
cd /opt/zimbra/zimlets-deployed/zimbra-zimlet-jitsi

Edit config_template.xml dan ubah jitsiUrl dengan alamat server Jitsi. Contoh

Jalankan perintah berikut untuk apply perubahan

zmzimletctl configure config_template.xml
zmprov fc all

# Aktivasi Jitsi Meet pada Webmail

Pastikan Zimlet Jitsi sudah aktif. Bisa dicek dari webmail modern melalui menu settings | Add-ons (Zimlets). Jika zimletnya belum ada, silakan cek melalui Zimbra Admin | Configure | Zimlets. Pastikan zimbra-zimlet-jitsi sudah enable. Pastikan juga zimbra-zimlet-jitsi sudah available melalu COS atau per user.

Setelah dipastikan zimlet Jitsi aktif, klik tab Calendar untuk menggunakannya. Berikut contohnya

Dari contoh diatas, link Jitsi meet otomatis tergenerate sehingga organizer tidak perlu memasukkan link meeting kembali.

Jika ada yang ingin dikonsultasikan terkait Zimbra, jangan sungkan untuk hubungi Excellent via form berikut 🙂 : https://www.excellent.co.id/kontak/

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.