Meningkatkan Kemampuan dan Fitur Zimbra OSE dengan ZeXtras Suite

Posted by

Zimbra Open Source Edition yang saat ini digunakan masih bisa ditingkatkan kembali fitur dan kemampuannya. Fitur-fitur yang bisa ditambahkan diantaranya kemampuan backup, restore, realtime backup, sinkronisasi email, calendar, contact, drive, chat, delegate admin, kolaborasi office dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan fitur tambahan tersebut, caranya cukup mudah. Yaitu cukup instalasi aplikasi ZeXtras Suite. Cara instalasinya juga gampang. Silakan ikuti tahapan berikut:

# Download dan Ekstrak ZeXtras Suite

wget http://download.zextras.com/zextras_suite-latest.tgz
tar -xvf zextras_suite-latest.tgz

# Install ZeXtras Suite

cd zextras_suite
./install.sh all

Selebihnya, cukup pilih Yes (Y) saja hingga selesai. Terakhir, flush cache zimlet dengan menjalankan perintah berikut:

su - zimbra -c 'zmprov fc -a zimlet'

Jika membuka Zimbra Admin, maka ada menu tambahan dengan nama “Zextras”

Horee. Sekarang Zimbra Open Source Edition sudah memiliki kemampuan sebagai berikut :

1. Storage Management

Dengan adanya storage management, saya bisa menyimpan data-data email pada storage lain. Misalnya SAN, NAS dan Object Storage. Jika biasa menggunakan object storage seperti AWS S3, Spaces pada Digital Ocean ataupun storage S3 like lainnya, hal tersebut sangat mudah dilakukan.

Benefit jika menggunakan storage management adalah tidak perlu local storage yang besar. Karena sebagian data akan dipindahkan secara otomatis pada Object Storage. Pilihan data email yang disimpan juga bisa dipilih. Misalnya data-data email 1 bulan terakhir disimpan pada local storage dan sisanya disimpan pada Object Storage. Selain itu, jika menerapkan sistem DRC seperti menggunakan VMware SRM, maka data yang disalin dari server utama tidak terlalu besar. Sehingga menghemat bandwidth dan waktu penyalinan.

2. Real-Time Backup dan Recovery

Fitur backup hanya tersedia pada versi Zimbra Network Edition. Dengan menginstall ZeXtras Suite, maka fitur backup tersebut juga dapat digunakan pada Zimbra Open Source Edition. Proses backup yang dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Dengan kemampuan deduplication, kapasitas disk yang dibutuhkan untuk data backup bisa sampai 50% dari total data sesungguhnya. Misal total data email aslinya adalah 100 GB. Maka data backupnya hanya membutuhkan space disk 50 GB saja.

Data backup tersebut, tentu dapat direstore dengan mudah. Bisa direstore pada server yang sama ataupun pada server baru. Bahkan bisa dilakukan restore pada sistem yang berbeda. Misal dari Zimbra versi 8.6 ke versi 8.8.15. Atau sebaliknya.

3. Delegated Admin

Delegated admin berfungsi untuk membagi level admin. Secara default, Zimbra Open Source Edition hanya memiliki 1 level admin. Yaitu global admin. Dengan delegate admin, Global admin dapat membuat admin baru dengan level tertentu. Jika memiliki banyak domain pada email servernya, maka masing-masing domain bisa memiliki adminnya sendiri. Fitur ini cocok untuk jasa layanan email hosting. Admin tersebut bisa dibatasi juga berapa maksimum boleh memberikan besaran quota pada user.

Selain fitur diatas, setiap bulan ada laporan perihal aktivitas admin tersebut. Seperti melakukan penambahan user, penghapusan user dan reporting yang lainnya.

4. Messaging and Enterprise Communication

Zextras team menyediakan keamanan dan fitur video-meeting melalui Web Client. User dapat berkomunikasi satu sama lain pada Spaces, Channels dan group private. Aplikasi Team juga tersedia untuk Android ataupun IOS. Fitur tersebut membuat Zimbra Open Source Edition memiliki kemampuan Video Call secara Peer to Peer, group ataupun chat. Menjadikan Zimbra OSE layaknya Gmail dengan Google Hangout dan Google Chat nya.

Gambar dari : https://www.zextras.com

5. Document, Spreadsheet and Presentation

Zextras mendukung lebih dari 140 format dokumen. Memungkinkan melakukan preview dokumen dari webmail. Bahkan user dapat membuat dan mengedit dokumen spreadsheets dan presentations dan menjadikan Zimbra sebagai professional collaboration office suite. Fitur ini layaknya Google Doc, Sheet dan Slides. Namun dengan infrastruktur sendiri yang dapat diinstall secara on premise.

6. Filesharing and Collaboration

Sistem file storage dan sistem sharing baru. Memudahkan dalam manajemen file dan folder. Memiliki kemampuan sharing, mendukung pemberian password dan otomatis expire untuk public links. User dapat berkolaborasi dengan user lain untuk melakukan editing dokumen yang telah dishare melalui drive. Drive juga tersedia dalam bentuk aplikasi untuk Android dan IOS.

Dengan Zimbra Drive, user dapat melakukan sharing file atau folder seperti halnya Google Drive.

7. Mobile Devices, Outlook and Windows Mail

Fungsi mobile sync memungkinkan Zimbra memiliki kemampuan Exchange ActiveSync protokol. Dengan kemampuan tersebut, email-email dapat saling tersinkronisasi satu sama lain antara server dengan mobile devices. Selain email, sinkronisasi data berlaku juga untuk contact, global address list dan calendar.

Pada email klien Microsoft Outlook versi baru, tersedia juga koneksi menggunakan protokol Exchange Active Sync (EAS). User dapat membuat appointment dimanapun (webmail, mobile devices, Outlook) dan datanya akan tersinkron otomatis pada webmail, mobile devices dan Microsoft Outlook.

Itulah beberapa kemampuan dan fitur tambahan pada Zimbra Open Source Edition setelah diinstall Zextras Suite. Masing-masing dari fitur tersebut akan coba saya jelaskan pada artikel terpisah.

Jika membutuhkan informasi product ataupun harga ZeXtras Suite, silakan hubungi kontak berikut : https://www.aktiva.co.id/contact-us/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.