Tracking Log Email Berbentuk Tabel

Posted by

Memang banyak cara yang dapat digunakan untuk melakukan tracking email pada log.  Seperti menggunakan perintah yang jamak ditemukan dan hampir menjadi bawaan pada sistem operasi Linux. Contohnya more, cat, less, nano, tail dan perintah yang lainnya.

Beberapa contoh tracking/parsing log yang pernah saya gunakan diantaranya seperti panduan pada link berikut ini :

Dengan 2 cara sesuai link diatas, rawlog yang ada lebih mudah dibaca dibandingkan manual menggunakan cat, more dan grep.

Nah, beberapa hari yang lalu, saya iseng-iseng cari project tracking pada Github. Tujuan utamanya adalah mencari aplikasi yang dapat menampilkan status bahwa email tersebut sudah di klik dan dibaca oleh penerima. Seperti tampilan Dashboard pada aplikasi Mail Campaign Aktiva. Ketika saya menggunakan layanan Mail Campaign Aktiva, saya bisa melihat status dari email yang saya kirimkan. Mulai dari statistic email terkirim, email dibaca, email dibuka.

Sayangnya, aplikasi yang dicari tidak ditemukan di Github. Tapi saya menemukan script Python yang dapat melakukan parsing log email dan menjadikannya dalam bentuk tabel. Script tersebut dapat didownload dari sini : https://github.com/gfleury/trackmsg.py . Atau bisa didownload langsung menggunakan CLI

curl -k https://raw.githubusercontent.com/gfleury/trackmsg.py/master/trackmsg.py > /srv/trackmsg.py
chmod +x /srv/trackmsg.py

Log yang akan diparsing defaultnya merujuk ke /var/log/mail.log . Jika lokasinya berbeda, silakan buka script tersebut dan sesuaikan lokasinya. Berikut adalah contoh tampilan ketika saya menggunakan script tersebut

Dari contoh hasil tracking diatas, email yang saya kirim ke Yahoo statusnya sudah terkirim berdasarkan informasi pada kolom Relay Server dan Extended Status.

Bagaimana? cukup membantu dan memudahkan bukan? 🙂

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 🙂

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.