Solved : Sound Tidak Terdeteksi Setelah Upgrade ke macOS Mojave

Posted by

Saya memiliki 2 buah laptop yang digunakan bergantian. Tergantung moodnya lagi seneng pake yang mana. Kadang pake Macbook Air atau pake Lenovo x230 yang sudah terinstall 3 buah sistem operasi. Windows, Linux dan macOS.

Nah, kemarin itu baru saja upgrade macOS pada Macbook Air dari High Sierra menjadi Mojave. Ukuran filenya kira-kira 6 GB lebih. Seperti biasa, sebelum dilakukan upgrade, biasanya saya simpan dulu file nya pada harddisk external. Selain untuk jaga-jaga dikemudian hari, file tersebut juga bisa disalin ke Macbook teman yang hendak upgrade. Jadi tidak perlu menunggu waktu lama untuk download lagi. Proses upgrade nya lancar. Karena memang hardware nya kompatibel dan sesuai.

Tampilan dan feature pada macOS Mojave ini cukup menarik. Untuk feature apa saja yang baru, bisa langsung saja kunjungi blognya Raihan. Salah satu staff Excellent yang mungkin belum 1 bulan menggunakan Macbook πŸ™‚ : https://colamen.id/update-macos-mojave/

lalu kepikiran juga untuk coba upgrade di macOS yang terinstall pada Lenovo. Yang belum lama saya install dan reviewnya saya tulis disini : https://imanudin.com/2018/08/31/lenovo-x230-ku-sekarang-multi-os/. Selesai makan siang dikantor, saya coba untuk lakukan upgrade dengan menyalin installer macOS Mojave yang sudah didownload dan disimpan pada harddisk external. Hasilnya, proses upgrade lancar. Nih buktinya :

macOS Mojave pada Lenovo x230

Artikel yang sedang ditulis di macOS Mojave pada Lenovo

Tapi ada satu masalah. Sound nya ngga kedetek. Kudu diinstall drivernya. Driver di macOS namanya kext. Cari-cari diforum (tonymac, insanelymac), bisa pake AppleALC solusinya. Siip, dapet kextnya. Download dari sini : https://github.com/acidanthera/AppleALC/releases. Download versi 1.3.2, ekstrak terus install. Cara installnya seperti ini :

sudo cp -rvf /Users/imanudin/Downloads/AppleALC.kext /Library/Extensions/

Asumsinya file AppleALC.kext disimpan difolder Downloads. Restart macOS dan sound nya bisa lagi πŸ™‚

Silakan dicoba bagi rekan-rekan yang mengalami hal yang sama pada “Hackintosh” nya. Semoga bermanfaat πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.