Kali ini Mudik Menggunakan Bus

Posted by

Kali ini saya mudik naik bus. Bus Primajasa trayek baru Bekasi-Cirebon-Kuningan. Dengan adanya trayek baru bus Primajasa ini, tentu jadi alternatif pilihan lain selain menggunakan bus yang sudah lama. Yaitu bus Luragung atau Setianegara. Informasi adanya trayek baru bus Primajasa ini saya ketahui dari kakak ipar saya. Sebelum saya berangkat kerja, dia bilang kalo ada bus Primajasa jurusan Kuningan yang akan mulai beroperasi pada tanggal 31 Mei 2018. “Waah, menarik nih jika memang ada”.

Bus Primajasa ini sering hilir mudik di jalanan Bekasi. Khususnya mengarah ke Terminal Bekasi. Saya juga sering menggunakan bus ini apabila hendak ke Bandung. Bus-nya cukup nyaman. Saya biasa menggunakan yang AC. Bangku-nya 2-2 dan selonjoran kakinya juga cukup luas. Ada juga yang dilengkapi dengan fasilitas bantal. Biayanya lebih mahal 5000Β  dari bus AC biasa.

Saya coba cari informasi lebih lanjut perihal trayek baru bus Primajasa ini di internet. Ternyata benar adanya. Mulai beroperasi pada tanggal 31 Mei 2018. Harga yang di patok 70 ribu saja untuk jurusan Bekasi-Kuningan atau sebaliknya. Salah satu keunggulan yang lainnya adalah bus ini akan ada setiap 45 menit sekali. Sedikit ataupun banyaknya penumpang. Langsung gaaaas. Tentu menjadi nilai tambah dibandingkan dengan bus yang lainnya. Dengan begitu, calon penumpang tidak perlu terburu-buru agar bisa naik bus ini. Termasuk saya. Hehehe

Sumber Gambar : Google

Saya bilang sama kaka perempuan saya kalo kali ini mudik menggunakan bus. Sekalian coba bus Primajasa. Berangkatnya pagi, sekitar jam 8. Memang sudah lama saya jarang naik bus ke Kuningan. Apalagi menjelang lebaran. Bus (lama) yang sudah ada biasanya akan penuh dan banyak penumpang yang berdiri. Harganya juga naik hampir 100% dari harga hari biasa. Fasilitasnya AC alami dan banyak pedagang asongan yang silih berganti menawarkan produk. Suasananya sumpek.

Karena hal tersebut, pilihan kendaraan untuk mudik hanya 2. Naik kereta atau carter mobil. Mudik lebaran sebelumnya saya naik Kereta. Dari stasiun Bekasi ke stasiun Cirebon. Lalu dijemput dari stasiun Cirebon ke Kuningan. Harganya waktu itu cukup murah, sekitar 125.000 kereta eksekutif Argo Jati. Saya pesan untuk 4 orang. Namun untuk mudik kali ini tiketnya cukup mahal. Sekitar 220.000 per penumpang. Dikali 4 ya lumayan juga πŸ˜€ . Itu juga belum termasuk biaya jemput di stasiun Cirebon. Setelah dihitung-hitung, mending carter mobil dan ajak saudara yang hendak mudik juga. Masalah biaya, bisa patungan πŸ˜€ . Karena adanya trayek baru bus Primajasa, opsi carter mobil dihilangkan πŸ˜€ .

Operasional kantor mulai libur per tanggal 11 Juni 2018. Masuk kembali nanti ditanggal 25 Juni 2018. Alhamdulillah. Saya bersyukur bisa bekerja di perusahaan ini (PT. Excellent Infotama Kreasindo). Masalah izin, libur dan yang lainnya cukup mudah. Semoga Excellent makin maju dan berkah.

Tanggal 9 Juni 2018 saya sudah bisa mudik. Defaultnya operasional kantor memang libur dihari Sabtu dan Minggu. Namun team tetap harus standby. Saya bisa saja mudik lebih awal dan pak boss juga sudah memberikan izin. Karena ada agenda kunjungan ke klien, saya mengikuti dimulainya libur saja. Hehehe.

Jam 9 pagi kurang saya baru berangkat ke Terminal Bekasi. Meleset dari rencana awal berangkat sekitar jam 8. Hal tersebut dikarenakan saya baru bangun jam 8 kurang. Itu juga dibangunkan kaka yang menanyakan jadi ngga-nya pulang kampung hari iniΒ πŸ˜€ . Setelah sahur dan sholat Subuh, saya memang tidur lagi. Waktu itu ngantuk berat cooooyΒ πŸ˜‚.

Sampe Terminal Bekasi jam 9 lebih. Bus-nya sudah ada dan tidak lama langsung berangkat. Penumpangnya masih belum terlalu banyak. Bangkunya ternyata 2-3. Selonjoran kakinya tidak terlalu luas seperti bangku 2-2. Namun dilengkapi dengan AC. Tidak seperti bus yang lainnya yang masih AC alami. Busnya terlihat rapi. Harganya naik 20.000 dari harga biasa. Wajar, karena lagi libur lebaran. Kenaikan harga masih bisa dibilang mendingan dibandingkan dengan kompetitor yang hampir 100% kenaikannya. Perjalanan cukup nyaman dan lancar. Saya sudah sampe di Terminal Cirendang Kuningan jam 3 sore kurang. Lanjut naik elf ke Desa saya yang membutuhkan waktu LK 30 menit perjalanan.

Berikut suasana didalam bus dan tarif semasa libur lebaran

Suasana di dalam bus
Harga tiket sesuai jurusan

Dulu saya pernah mudik ke Kuningan melalui terminal Cicaheum Bandung. Gara-garanya hanya ingin naik bus yang ada AC nya saja. Dari Bekasi naik bus Primajasa AC sampe Terminal Leuwi panjang Bandung. Lanjut dari Terminal Leuwi panjang ke Terminal Cicaheum. Dari Terminal Cicaheum lanjut naik bus DAMRI AC jurusan Kuningan. Maklum saja, bus Luragung/Setianegara masih jarang yang pake AC waktu itu.

Dengan adanya bus Primajasa ini cukup membantu bagi saya. Bisa menjadi pilihan dikala hendak mudik nanti selain di libur lebaran. Ketersediaan bus yang setiap 45 menit sekali ada dengan harga yang terjangkau dan sudah dilengkapi dengan AC.

Selamat berlibur lebaran untuk semua πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.