Tips Instalasi VMware Nested tanpa Menggunakan VMware vCenter

Posted by

Untuk melakukan instalasi VMware diatas VMware atau yang lebih sering disebut sebagai nested, biasanya saya menggunakan vCenter. Kenapa harus menggunakan vCenter? karena pada vCenter kita dapat memilih/ceklist kemampuan Virtualization Hardware pada saat membuat VM VMware yang hendak dijadikan nested. Itu juga harus dilakukan via vSphere Web Client dan tidak bisa menggunakan vSphere Client. Kenapa kemampuan Virtualization Hardware tersebut harus dicentang/ceklist, karena VMware tidak dapat diinstall apabila tidak memiliki kemampuan tersebut. Selain itu juga harus memiliki minimal 2 Core CPU (bukan Socket) dan RAM 4 GB. Bagaimana bila requirement tersebut tidak dapat terpenuhi? akibatnya adalah VMware tidak dapat diinstall dan muncul pesan seperti berikut :

vmware-below-requirement

Masalahnya, vCenter ini membutuhkan RAM kurang lebih 8 GB dan 2 vCPU. Sedangkan saya hanya memiliki server untuk simulasi sistem dengan spesifikasi Processor i5, HDD 300 GB dan RAM 16 GB. Jika saya melakukan install/deploy vCenter appliance saja, maka sisa RAM yang dapat saya gunakan hanya 8 GB. Itupun dipakai habis oleh VM. Sedangkan saya akan melakukan uji coba dengan 2 buah VMware nested yang masing-masing diberikan RAM 4 GB. Dengan kata lain RAM yang ada habis digunakan untuk semua VM.

Agar saya tidak perlu deploy vCenter dan dapat mengaktifkan feature Hardware Virtualization secara manual dan VMware dapat diinstall dengan modus nested, berikut adalah caranya :

  • Buat Guest VM VMware dengan minimal RAM 4 GB dan vCPU 2 core (lebih tinggi lebih baik)
  • Setelah VM tersebut dibuat, jangan dulu dijalankan. Pilih VM nested yang telah dibuat | Pilih Tab Summary | Klik kanan pada datastore yang digunakan dan pilih Browse Datastore

vmware-datastore-browse

  • Pilih folder VMware nested tersebut dan download file dengan ektension vmx. Simpan file tersebut misalnya disimpan di Desktop

vmware-download-vmx

  • Buka file tersebut menggunakan Wordpad (jangan menggunakan Notepad)
  • Tambahkan tulisan berikut pada baris paling bawah
vhv.enable = "TRUE"
  • Save dan upload kembali file tersebut pada folder VMware nested
  • Jalankan VM VMware nested dan lakukan instalasi seperti biasa

Alhamdulillah, akhirnya saya dapat melakukan simulasi VMware nested dengan mengaktifkan feature Hardware Virtualization secara manual tanpa harus menggunakan vCenter.

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *