Melesetnya Perkiraan Pekerjaan dan Mengganti Tiket Tanggal Keberangkatan Kereta Api

Posted by

Rencana kunjungan kerja ke Cirebon dan lamanya kunjungan sudah kami rencakanakan sebelum berangkat dari Bekasi. Rencana awal lamanya di Cirebon kurang lebih selama 5 hari. Terhitung dari tanggal 22-26 Januari 2015. Schedule hari pertama adalah berangkat dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Cirebon dan meluncur ke Hotel untuk istirahat. Pengalaman perihal perjalanan tersebut sudah saya ceritakan pada artikel sebelumnya Malu Bertanya Salah Tempat Duduk.

Sesampainya di hotel, saya melakukan beberapa persiapan yang akan dilakukan pada hari kedua di Cirebon atau hari pertama ke kantor klien. Dihari pertama kerja/implementasi di kantor klien, agenda yang dilakukan adalah persiapan instalasi dan melakukan migrasi data dari sever lama ke server baru. Proses export data sudah selesai dilakukan dihari sebelumnya (waktu dihotel) dan proses instalasi baru selesai kurang lebih jam 14:00 (sebelumnya diskusi terlebih dahulu dengan team dari klien perihal teknis pekerjaan).

Pada jam kurang lebih 14:00, proses import dilakukan. Pada saat proses import berjalan, beberapa improvement juga dilakukan sambil menunggu import selesai. Proses improvement selesai dilakukan dan saat itu bisa dibilang tinggal menunggu proses import selesai. Kami pulang dari kantor klien menuju Hotel kurang lebih jam 17:00 dan membiarkan proses import data yang sedang berjalan. Dengan asumsi hari berikutnya selesai, maka pada hari esok bisa dilakukan uji coba dan testing.

Pada hari kedua dikantor klien, ternyata server baru mengalami masalah pada jam 1 dini hari dan mengalami hang. Alhasil, proses import yang dilakukan berhenti dan belum selesai. Pada jam 9 pagi dilakukan pengecekan terhadap server baru tersebut dan tidak ditemukannya adanya kejanggalan yang terjadi pada server tersebut. Dengan terpaksa server tersebut direstart dan dilakukan import ulang data yang belum masuk pada server baru. Sambil menunggu import selesai, kami dan Team dari klien berdiskusi perihal rencana yang lain apabila terjadi hal yang serupa. Dikarenakan problem hang nya server belum ditemukan, maka proses import tetap dilakukan pada server tersebut dan melihat hasilnya di hari berikutnya. Apakah si server akan kembali hang atau berjalan normal. Dihari kedua dikantor klien bisa dibilang tinggal menunggu proses import selesai dan berasumsi dihari ketiga selesai melakukan import data. Pada jam kurang lebih 17:00 kami pulang dari kantor klien menuju hotel. Suasana saat itu hujan lebat, sehingga tidak bisa main terlebih dahulu ke Grage Mall. Hehehe.

Gambar diambil dari : http://www.dakwatuna.com/
Gambar diambil dari : http://www.dakwatuna.com/

Ketika di hotel, dipagi hari kami lakukan remote pada server klien dan melihat apakah proses import data tersebut sudah selesai atau belum. Ternyata proses import data masih terus berjalan dan kapasitas data yang diimport lebih besar kurang lebih 300% dari data hasil import. Sungguh aneh sekali, karena proses import juga begitu lama. Waktu itu hari Minggu dan hari Senin-nya kami harus pulang kembali ke Bekasi sesuai dengan tiket yang sudah dipesan sesuai rencana sebelumnya. Dengan melihat kondisi proses import yang aneh, maka harus dicari jalan keluar dan keputusan yang lain. Akhirnya kami menggunakan cara tradisional untuk melakukan proses export dan import data tersebut. Memang cara tradisional terkadang lebih ampuh dari cara yang sudah modern. Hehehehe

Berangkat dari hotel menuju klien kurang lebih jam 8 pagi dan sampai diklien LK jam 8:30. Sesampainya diklien, kami diskusi dengan team klien perihal proses import yang aneh dan alternatif lain yang akan diambil. Setelah dilakukan diskusi, alternatif lain tersebut langsung dieksekusi dengan dimulai dari menyalin data hasil export dari server lama ke server baru. Data yang disalin kurang lebih 114 GB dimulai dari jam LK 09:30 dan selesai jam LK 13:30. Hhhmm, cukup lama juga menyalin data sebesar 114 GB tersebut. Proses import data pada server baru langsung dilakukan untuk menghemat waktu. Proses import tersebut langsung dibagi menjadi 11 session untuk mempercepat proses import. Proses import ini cukup lama juga, namun tidak selama proses import sebelumnya. Bisa dibilang proses import ini selesai pada jam LK 20:00. Alhamdulillah, akhirnya proses import data ini selesai juga. Tidak berlama-lama, kami langsung melakukan testing terhadap environment yang baru tersebut dan langsung melakukan switching pada server baru. Dari hasil testing yang dilakukan, server baru berjalan dengan baik dan lancar. Namun testing tersebut dilakukan hanya pada beberapa user saja dan dilakukan pada hari Minggu dimalam hari. Testing yang sesungguhnya akan dilakukan di hari Senin dimana hampir semua user mengaksesnya.

Pada hari senin juga, kami sudah memiliki tiket untuk berangkat kembali ke Bekasi di pagi hari menggunakan Kereta Api pada jam 09:00. Dikarenakan proses pekerjaan meleset dari perkiraan, maka pada hari Senin perjalanan pulang dicancel dan diganti dengan hari Selasa. Dihari Senin tersebut kami kembali ke kantor klien untuk melakukan proses pendampingan. Overall server yang baru berjalan dengan lancar, meskipun ada beberapa user yang tidak bisa akses dikarenakan konfigurasi/passwordnya yang salah.

Mengganti Tiket Tanggal Keberangkatan Kereta Api

logo kereta api

Dikarenakan tiket untuk keberangkatan sudah dipesan sebelumnya, maka mau tidak mau ada 2 pilihan yang diambil. Pilihan pertama adalah tiket hangus dan yang kedua adalah penggantian tanggal keberangkatan. Tentu saja opsi yang kedua yang diambil, karena harga tiketnya yang lumayan “mahal” menurut saya. Hehehehe. Dari hotel, kami mampir terlebih dahulu ke Stasiun sebelum ke kantor klien untuk mengganti tanggal keberangkatan tiket yang sudah dipesan. Adapun proses yang saya lakukan adalah sebagai berikut :

  • Pergi ke Stasiun (Jangan ke Terminal, karena tiket-nya pasti berbeda. Kecuali jika Stasiun dan Terminal berdekatan (nyatu). Hehehe)
  • Pergi ke stasiun harus 1 jam atau lebih sebelum keberangkatan Kereta (sebelum dari 1 jam lebih bagus. Meskipun ada yang bilang 30 menit sebelum keberangkatan)
  • Cari ruang informasi dan masuk pada ruang tersebut (Pasti ngga nyesel dah masuk keruang tersebut, karena yang melayani Wanita cantik (biasanya). Hehehe)
  • Informasikan perihal penggantian tanggal tiket yang diajukan. Biasanya pelayan informasi tersebut akan memberikan informasi perihal jenis Kereta dan waktu keberangkatan beserta harga tiket. Silakan pilih sesuai dengan yang diinginkan
  • Bagian informasi akan memberikan kita surat keterangan perihal penggantian tiket untuk diberikan pada bagian tiket
  • Untuk penggantian tanggal tiket, tiket yang sebelumnya sudah dipesan atau dicetak akan dipotong terlebih dahulu sebesar 20%-25% kemudian diganti dengan tiket yang baru.
  • Jika harga tiket yang baru lebih rendah harganya, maka sisa uang dari tiket yang lama akan dikembalikan (pasca dipotong 20%-25%, biasanya butuh waktu selama 1 bulan). Jika lebih, maka kita harus bayar sisanya saja

Alhamdulillah tiket yang sebelumnya dipesan bisa dilakukan penggantian tanggal dan menjadi hari Selasa. Setelah mengganti tanggal keberangkatan pada tiket KA, kami langsung berangkat ke kantor klien untuk melakukan pendampingan pasca migrasi sistem dengan tenang.

Itulah sepenggal cerita pada saat saya dan pak Boss di Cirebon untuk melakukan implementasi sistem. Terkadang memang apa yang telah direncanakan meleset dari perkiraan. Kita hanya bisa berencana dan ALLAH lah yang menentukan (setelah berusaha tentunya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *