Solved : Failed to Deploy OVF Package. The Task Was Canceled by a User pada VMware

Posted by

Pada hari rabu kemarin, saya beserta Team Excellent yang lain melakukan kunjungan ke salah satu klien didaerah Sudirman untuk melakukan implementasi. Dua hari sebelum melakukan kunjungan, saya persiapkan terlebih dahulu sistem yang hendak dibangun di markas Excellent Duren Jaya. Persiapan ini saya lakukan untuk menghemat waktu ketika sampai dikantor klien dengan tujuan dapat langsung dideploy dalam hitungan menit.

Adapun sistem yang dibangun diinstall diatas sistem Virtualisasi VMware. Keuntungan menggunakan Virtualisasi adalah tidak terpengaruhnya mesin fisik yang digunakan apakah vendor IBM, HP, Dell ataupun PC rakitan. Hal ini dikarenakan sistem dibuat dalam bentuk image. Setelah sistem selesai dibuat, saya stop VM tersebut dan export menjadi sebuah OVF Template.

Setelah selesai di export, saya simpan hasilnya pada laptop yang saya bawa nantinya. Tiba waktunya kunjungan ke klien, saya berangkat dari markas Excellent DJ kurang lebih jam 09: 30 dan mengendarai bus Patas AC 05 dari Bekasi Barat dan sesampainya dikantor klien kurang lebih jam 11 siang. Sesampainya disana, saya berbincang sebentar seputar server mana yang hendak digunakan, kemudian melakukan konfigurasi RAID dan langsung melakukan instalasi VMware.

Instalasi VMware berjalan dengan lancar tanpa ada problem disisi hardware yang biasanya tidak terdeteksi. Sayapun akses VMware via vClient dan langsung melakukan deploy OVF Template yang sebelumnya sudah saya persiapkan. Namun, pada saat deploy, muncul pesan error seperti berikut :

Failed to Deploy OVF Package. The Task Was Canceled by a User

ovf cancel by user

Dari pesan yang diberikan, seolah olah saya melakukan cancel terhadap proses deploy yang sedang berjalan. Berkali-kali saya lakukan deploy kembali dan hasilnya tetap sama. Akhirnya saya survive di Google dan mendapatkan pemecahan masalahnya pada VMware Community. Pada file hasil export OVF Template, terdapat file dengan ektension ovf dan mf. Buang/pindahkan ke tempat lain file ektension mf dan edit file ektension ovf seperti berikut :

Cari tulisan berikut

<rasd:ResourceSubType>vmware.cdrom.iso</rasd:ResourceSubType>

Ganti sehingga menjadi seperti berikut

<rasd:ResourceSubType>vmware.cdrom.atapi</rasd:ResourceSubType>

Setelah melakukan editing seperti diatas, saya coba kembali deploy dan hasilnya Alhamdulillah OVF Template yang sudah saya persiapkan dapat dideploy dengan baik.

Catatan : Jika ingin deploy langsung lancar dan tidak perlu melakukan editing file seperti diatas, buanglah terlebih dahulu cdrom pada VM sebelum melakukan export menjadi ovf.

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀

Source : https://communities.vmware.com/message/2343423

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *