Cara Restart Network di RHEL/CentOS/Rocky/Oracle Linux

Posted by

Ketika melakukan konfigurasi IP address di sistem berbasis Red Hat seperti RHEL, CentOS, Rocky Linux, atau Oracle Linux, sering kali diperlukan restart network agar konfigurasi ter-apply.

Meski tampaknya merupakan langkah teknis yang sederhana, setiap distribusi memiliki metode dan perintahnya masing-masing untuk melakukan restart network dengan cara yang efektif.

Beberapa kali, saya harus melakukan perubahan IP pada server berbasis Red Hat seperti Rocky Linux. Cara paling mudah adalah menggunakan tools nmtui untuk melakukan aktivasi/deaktivasi network.

Tips tersebut tentu tidak masalah jika akses pada server dilakukan via console secara langsung. Namun akan bermasalah jika server tersebut sedang diakses melalui SSH karena akan menyebabkan koneksi terputus.

Untuk menghindari terputusnya koneksi ketika SSH, maka proses restart network dapat dilakukan via command secara langsung. Berikut caranya

nmcli networking off && nmcli networking on

Command di atas akan melakukan deaktivasi network kemudian melakukan reaktivasi kembali. Dengan begitu, akses SSH yang sedang dilakukan tidak terputus.

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.