Finger Gestures Tidak Bekerja pada macOS Big Sur

Posted by

Setelah sebelumnya berhasil melakukan upgrade macOS MacBook Air menjadi macOS Big Sur, saya cukup puas menggunakannya. Dari segi pemakaian batre lebih irit dibandingkan dengan macOS sebelumnya. Dari segi performance juga cukup bagus dan responsif. Dari segi kompatibilitas aplikasi yang saya gunakan, semuanya kompatibel dengan baik.

Setelah cukup lama digunakan, ada satu fitur yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Yaitu penggunaan 3 atau 4 finger pada trackpad. Penggunaan 3 atau 4 finger pada trackpad ini biasa saya gunakan untuk berpindah dari satu aplikasi yang sedang dibuka ke aplikasi lain. Saya coba menekan tombol F3 pada keyboard juga hasilnya sama. Tidak memberikan respon apapun.

Alhamdulillah saat ini fitur 3 atau 4 finger sudah berfungsi dengan baik lagi. Tombol F3 pada keyboard juga sudah berfungsi. Saya sudah bisa berpindah dari satu aplikasi yang sedang dibuka ke aplikasi yang lain. Adapun solusinya adalah sebagai berikut :

Buka Terminal dan jalankan perintah berikut

defaults read com.apple.dock mcx-expose-disabled

Jika hasilnya muncul angka 1 atau pesan does not exist, maka fitur tersebut dalam keadaan non aktif. Untuk mengaktifkannya, jalankan perintah berikut

defaults write com.apple.dock mcx-expose-disabled -bool FALSE

Jalankan kembali perintah diatas untuk mengecek statusnya. Jika muncul angka 0 (nol), maka statusnya sudah aktif. Lalu restart Dock dengan perintah kill

killall Dock

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 🙂

Sumber: https://discussions.apple.com/thread/251461614

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.