Theme Alternatif Modern Web Client untuk Zimbra Open Source Edition

Posted by

Hi All, ada kabar gembira nih bagi pengguna email server Zimbra. Khususnya pengguna Zimbra Open Source Edition. Seperti yang kita ketahui bahwa Zimbra membuat tampilan webmail baru yang lebih modern dan dapat diintegrasikan dengan beberapa aplikasi lain seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, Zoom, Slack dan aplikasi lainnya. Sayangnya, tampilan dari webmail modern tersebut hanya tersedia pada Zimbra Network Edition. Bagi pengguna Zimbra Open Source Edition, tentu tampilan webmail terbaru tersebut tidak dapat digunakan. Untuk informasinya, silakan baca artikel berikut untuk mengetahui beberapa hal baru terkait Zimbra 9 : Yang-harus-diketahui-sebelum-upgrade-ke-zimbra-9.

Jika ingin melihat contoh tampilan modern web client pada Zimbra 9, silakan lihat beberapa screenshot pada artikel ini : Tips-instalasi-zimbra-9-pada-centos-7.

Sebagai alternatifnya, beberapa pengguna Zimbra Open Source edition sempat mencoba menggunakan Zimbra Universal UI yang pernah saya tulis panduannya disini : How-to-install-zimbra-universal-ui. Namun, tidak semua pengguna berhasil melakukan instalasi. Padahal saya coba di lab bisa diinstall dengan baik. Mungkin kondisi pada masing-masing berbeda seperti jumlah user yang lebih banyak dan sudah digunakan production.

Namun tidak perlu khawatir, tidak lama lagi akan dirilis themes baru dengan tampilan yang lebih segar dan nyaman digunakan. Sekilas tampilannya mirip seperti webmailnya Microsoft Outlook. Berikut beberapa screenshot nya

Zimbra Theme Loading
Zimbra Compose Email
Zimbra Mail Menu
Zimbra Contact Menu
Zimbra Calendar Menu
Zimbra Task Menu
Zimbra upload file to Briefcase
Zimbra Briefcase Menu
Zimbra Preference Menu

Theme baru ini bisa digunakan untuk Zimbra Network Edition ataupun Open Source Edition. Kompatibel mulai dari Zimbra 8.6 hingga Zimbra 9.

Bagaimana? cukup menarik bukan? silakan lihat panduan instalasinya pada link berikut: the-new-zextras-theme-for-zimbra-web-interface 🙂

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.