Yang Harus Diketahui Sebelum Upgrade ke Zimbra 9

Posted by

Zimbra 9 belum lama ini di rilis. Yang paling terlihat signifikan perubahannya adalah dari segi tampilan webmailnya. Zimbra menyebutnya “Zimbra’s Modern Web Application”. Modern Web Client ini dibangun untuk Zimbra X sebenarnya. Tapi ditawarkan juga pada Zimbra 9 untuk semua klien yang menggunakan Zimbra Network Edition.

Teknologi yang digunakan pada Modern Web Client diantaranya PreactJS, GraphQL, dan Apollo. Selain itu, pada Modern Web Client ini, pengguna bisa mengintegrasikan layanan pihak ketiga seperti Slack, Zoom dan Dropbox.

Untuk lebih jelas informasi perihal Modern Web Client pada Zimbra 9, silakan lihat pada tautan berikut : https://wiki.zimbra.com/wiki/Zimbra_9/Modern_Web_App

Zimbra 9 memang sangat menarik. Akan tetapi, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu perubahan pada Zimbra 9 selain dari Modern Web Client diatas

  1. Zimbra Touch Client, Zimbra Mobile Client, dan Zimbra HTML (Standard) Client tidak lagi tersedia pada versi 9.
  2. Jika saat ini menggunakan Zimbra versi 8.8.15 Patch 8, update semua NG modules sebelum upgrade ke Zimbra versi 9
  3. Zimbra 9 hanya memiliki 2 versi Zimbra Web Client. Modern dan Classic. Versi Classic merupakan versi advanced pada Zimbra versi sebelumnya. Hanya namanya saja diubah jadi classic. Karena ada Modern Web App yang baru 🙂 .
  4. Untuk menggunakan Modern Web App, dibutuhkan lisensi Zimbra Network Edition. Dengan kata lain, hanya klien yang menggunakan Zimbra NE saja yang bisa menggunakan Modern Web App.
  5. Direkomendasikan menggunakan Modern Web App sebagai default web client. Namun user tetap dapat memilih Modern Web App atau Classic Web App ketika login. Atau mengubah tampilan defaultnya melalui menu preferences.
  6. Modern Web App masih dalam pengembangan. Ada beberapa fitur pada Modern Web App belum tersedia. Seperti Personas, System Distribution Lists, dan Dumpster.
  7. Briefcase tidak dapat digunakan pada Modern Web App. Jika ada user yang masih menggunakan Briefcase, gunakan Classic Web App untuk melihat Briefcase. Direkomendasikan yang masih menggunakan Briefcase, agar data-datanya segera dimigrasikan pada Zimbra Drive.
  8. Branding tampilan webmail seperti nama ataupun logo harus dikonfigurasi ulang agar bekerja dengan Modern Web App. Modern Web App saat ini tidak mendukung themes. Tidak ada pilihan themes seperti pada tampilan Classic Web App.
  9. Saat ini bahasa yang didukung pada Modern Web App adalah Chinese, English (US), France, German, Hindi, Indonesian, Italian, Japanese, Portuguese, Spanish dan Thailand.
  10. Zimlets yang berfungsi pada Zimbra 8.8 tetap berfungsi pada Classic Web App. Namun, Zimlet tersebut tidak cocok dengan Modern Web App. Hal tersebut dikarenakan perubahan teknologi yang digunakan pada Modern Web App. Sayangnya, tidak ada cara untuk memindahkan Zimlets dari Classic Web App menjadi Modern Web App. Atau sebaliknya.
  11. Zimlets untuk Zimbra Drive, Zimbra Connect dan Zimbra Docs tetap tersedia untuk Classic Web App ataupun Modern Web App.
  12. Tidak ada repositori Zimbra 9 untuk versi Zimbra Open Source Edition. Versi Open Source Edition saat ini hanya disupport hingga versi 8.8.15 saja.

Itulah beberapa informasi yang harus diketahui sebelum melakukan upgrade ke versi Zimbra 9. Jika tertarik untuk menggunakan Zimbra 9 dengan teknologi yang baru, silakan hubungi Team Sales Excellent disini : https://www.excellent.co.id/kontak/ untuk mendapatkan penawaran terbaik 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.