Konfigurasi Network dan Hostname pada Ubuntu 18.04 (Bionic Beaver)

Posted by

Pada Ubuntu versi 18.04, konfigurasi network yang digunakan berbeda dengan versi sebelumnya. Ubuntu 18.04 menggunakan netplan.io untuk konfigurasinya. Di versi-versi sebelumnya, saya terbiasa konfigurasi langsung pada file /etc/network/interfaces. Karena lebih familiar. Awalnya saya kesulitan untuk konfigurasi network saat baru pertama install Ubuntu 18.04. Konfigurasi network ini menjadi tahap paling awal agar komputer bisa berkomunikasi dengan komputer yang lain. Khususnya bisa akses ke internet untuk update repo dan install beberapa paket dependensi.

Untuk memudahkan bagi pengguna Ubuntu 18.04 yang mengalami kesulitan seperti saya, berikut konfigurasi network yang saya lakukan pada Ubuntu 18.04.

Buka file /etc/netplan/50-cloud-init.yaml

vi /etc/netplan/50-cloud-init.yaml

Isi seperti berikut :

network:
  version: 2
  renderer: networkd
  ethernets:
    ens160:
      addresses:
        - 192.168.2.12/24
      gateway4: 192.168.2.250
      nameservers:
          search: [excellent.co.id]
          addresses: [192.168.2.12, 8.8.8.8, 1.1.1.1]

Simpan dan testing konfigurasinya

netplan try

Jika muncul pesan “Configuration accepted.”, maka konfigurasi netplan sudah sesuai. Namun jika masih problem, perhatikan kembali contoh konfigurasinya. Biasanya kurang spasi, kurang titik dua (:) atau sejenisnya. Jika konfigurasi sudah ok, apply netplan.

netplan apply

Untuk mengecek apakah IP sudah sesuai dengan konfigurasi, silakan cek dengan perintah ifconfig -a atau ip a

Konfigurasi Hostname

Jalankan perintah berikut untuk melakukan konfigurasi hostname

hostnamectl set-hostname samba4.excellent.co.id

Cek perubahan hostname dengan perintah berikut

hostname
hostname -f

Konfigurasi hostname diatas akan otomatis berubah ketika dilakukan restart. Perubahan tersebut dilakukan secara otomatis oleh cloud-init. Karena saya belum menggunakan cloud-init, maka service cloud-init bisa diuninstall

apt remove cloud-init

Ubuntu 18.04 ini dijadikan sebagai base system untuk membangun Active Directory dengan Samba4 dari yang sebelumnya menggunakan SUSE Linux Enterprise 12.1. Ada update juga perihal manajemen Samba4 dari Windows 10 dan beberapa penerapan GPO. Insya Allah update bukunya segera tersedia di online shop. Informasi perihal buku bisa dilihat disini : https://imanudin.com/books-publishing/

Ebook membangun Active Directory dengan Samba4 ini juga akan hadir di Play Store. Mudah-mudahan bisa rampung di akhir bulan Januari 2019 dan bisa rilis di bulan Februari 2019.
Jangan lupa beli buku atau ebook nya ya nanti 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.