Tips Mengaktifkan Module Samba4 pada Webmin

Posted by

Webmin merupakan aplikasi powerfull untuk melakukan manajemen via web. Hampir semua aplikasi yang terinstall pada Linux dapat dikenali dan dapat dimanage via Webmin. Mulai dari konfigurasi Network, Firewall IPtables, DNS Server, DHCP Server, Samba Server dan lain-lain. Webmin ini biasanya dapat mengenali module untuk beberapa aplikasi yang disebutkan diatas apabila aplikasi tersebut diinstall via repositori secara langsung.

Baru baru ini saya melakukan instalasi Samba4 via source code yang panduannya mengikuti pada beberapa link berikut : http://ahmad.imanudin.com/category/samba/. Setelah selesai melakukan proses instalasi dan lain-lain, saya hendak memasang Webmin agar memudahkan untuk membuat folder/file share. Karena proses instalasi Samba4 yang tidak dilakukan via repositori secara langsung, alhasil module Samba Server pada Webmin tidak muncul. Namun sebenarnya Webmin sudah menyediakan file konfigurasinya dan hanya perlu penyesuaian path/lokasinya saja. Setelah lokasi konfigurasi disesuaikan, akhirnya Samba4 dapat diakses juga via Webmin.

Berikut adalah proses yang saya lakukan

# Instalasi Webmin

Download Webmin versi terbaru pada website : http://www.webmin.com. Pada saat panduan ini ditulis, Webmin versi terbaru adalah webmin-1.740-1. Contoh sistem operasi yang saya gunakan disini adalah CentOS 6.6 64 Bit.

cd /srv/
wget -c http://prdownloads.sourceforge.net/webadmin/webmin-1.740-1.noarch.rpm
yum install webmin-1.740-1.noarch.rpm

Setelah Webmin terinstall, silakan akses IP server Samba via browser pada alamat IpSamba4:10000. Login sebagai username root dan password-nya root. Pilih Un-used Modules | Samba Windows File Sharing | module configuration. Silakan sesuaikan konfigurasinya seperti contoh pada gambar dibawah ini :

samba4-configure-webmin

Jika sudah disesuaikan, silakan Save dan refresh module dan refresh browser. Silakan akses kembali Webmin dan buka pada menu Servers. Seharusnya disana sudah ada menu Samba Windows File Sharing

samba4-webmin-server

Dengan adanya Webmin ini memudahkan saya untuk melakukan penambahan file sharing via Web browser tanpa perlu SSH terlebih dahulu terhadap server.

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀

6 comments

  1. mas kalo buat user samba4 lewat webmin ga bisa, pas create user nanti keluar pesan ;
    Failed to save user : /usr/local/samba/bin/pdbedit failed :
    new password:
    retype new password:Failed to modify account record CN=seno,CN=Users,DC=pismatex,DC=id to set user attributes: 0000052D: Constraint violation – check_password_restrictions: the password is too short. It should be equal or longer than 7 characters!

    1. Hi mas Andrian,

      Sepertinya password yang dimasukkan tidak complex karena ada pesan seperti ini “the password is too short” dan ” It should be equal or longer than 7 characters!”

      Coba diperhatikan lagi masalah passwordnya 😀

  2. mas Ahmad, kalau manage user (membuat user, group, OU, dll) menggunakan webmin ini bagaimana ya?
    saya sudah cari2x tp belum ketemu caranya
    Terimakasih sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *