Tips Menambahkan Informasi Subject dan Attachment pada Log Zimbra 8.5/8.6

Posted by

Untuk melakukan tracking email, biasanya saya menggunakan perintah bawaan dari Zimbra, yaitu zmmsgtrace. Perintah zmmsgtrace ini sudah cukup memberikan informasi perihal email apakah email tersebut sudah diterima atau masih tertahan pada port tertentu. Namun perintah tersebut hanya menampilkan informasi email terkirim/diterima dan tidak menampilkan subject-nya apa dan attachment yang dikirimkan itu apa.

Untuk melengkapi informasi tracking yang dihasilkan dari perintah zmmsgtrace, kita dapat menambahkan informasi perihal subject atau attachment yang dikirimkan pada header check. Informasi subject dan attachment ini sifatnya hanya terlog pada zimbra.log dan bukan menambahkan informasi hasil dari perintah zmmsgtrace. Untuk menambahkan informasi subject dan attachment tersebut, kita dapat menambahkan custom header check pada Postfix. Berikut adalah tahapan yang dilakukan :

# Buat file custom_header_check sebagai user Zimbra
[code lang=’bash’]
su – zimbra
vi /opt/zimbra/conf/custom_header_checks
[/code]
Isi dengan baris berikut :

/^Subject:/ WARN Subject :
/filename=\"?(.*)\"?$/ WARN Document Attachment

# Modify zimbraMtaHeaderChecks untuk menambahkan custom_header_checks
[code lang=’bash’]
zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaHeaderChecks “pcre:/opt/zimbra/conf/postfix_header_checks, pcre:/opt/zimbra/conf/custom_header_checks”
zmprov mcf zimbraMtaBlockedExtensionWarnRecipient FALSE
[/code]
# Reload Postfix Zimbra
[code lang=’bash’]
postfix reload
[/code]
Berikut adalah contoh informasi subject dan attachment yang terlog pada zimbra.log

Jan 9 15:16:36 mail postfix/cleanup[12069]: 5664C63400E: warning: header Subject: Attachment Training from mail.example.com[10.10.10.2]; from=<ahmad@example.com> to=<example@gmail.com> proto=ESMTP helo=<mail.example.com>: Subject :
Jan 9 15:16:36 mail postfix/cleanup[12069]: 5664C63400E: warning: header Content-Disposition: attachment; filename="Training Mikrotik.pdf" from mail.example.com[10.10.10.2]; from=<ahmad@example.com> to=<example@gmail.com> proto=ESMTP helo=<mail.example.com>: Document Attachment

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat 😀

Source :

http://www.postfix.org/header_checks.5.html
http://forums.zextras.com/zimbra-howto/850-zimbra-log-subject-line.html

2 comments

  1. mas Ahmad,
    Mail server saya menggunakan zimbra Release 8.6.0_GA_1153.SLES11_64_20141215151129 SLES11_64 FOSS edition, Patch 8.6.0_P6.
    Saya coba setting konfigurasi ini, tapi sptnya tidak ada perubahan, saya cek di zimbra.log nya tidak muncul baik itu subject maupun attachment filenya.
    Kira-kira apa penyebabnya ya mas?

    Terimakasih sebelumnya.

    regards

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.