Tips Archiving pada Zimbra OSE Berdasarkan Penerima (Auto BCC by Recipient)

Posted by

Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan tips archiving email pada Zimbra berdasarkan pengirim (auto bcc by sender). Nah pada artikel kali ini masih seputar dengan archiving email, namun kebalikan dari artikel sebelumnya. Yaitu archiving email berdasarkan penerima (auto bcc by recipient).

Secara konsep, tips archiving berdasarkan penerima ini sama dengan tips archiving berdasarkan pengirim. Bedanya adalah apabila auto bcc by sender akan diarchive setiap pengiriman email dari sender tertentu sedangkan auto bcc by recipient akan diarchive setiap penerimaan email terhadap recipient tertentu. Misalnya alamat email user1@imanudin.net menerima email dari alamat lain, akan otomatis bcc pada account user1@imanudin.archive.

Dengan begitu, kita bisa saja melakukan archive setiap pengiriman dari alamat email user1@imanudin.net seperti dijelaskan pada artikel sebelumnya dan melakukan archive terhadap penerimaan email untuk user1@imanudin.net.

Adapun proses-nya tidak jauh berbeda dengan auto bcc by sender. Berikut adalah tahapan yang dilakukan :

# Buat domain archive pada Zimbra. Misalnya imanudin.archive. Proses pembuatan domain archive bisa dilakukan via Zimbra Admin | Configure | Domains atau via Command Line dengan perintah berikut :
[code lang=’bash’]
su – zimbra
zmprov cd imanudin.archive
[/code]
# Buat account untuk keperluan archive. Misalnya account user1@imanudin.net memiliki account archive user1@imanudin.archive. Pembuatan account ini bisa dilakukan via Zimbra Admin | Manage atau via Command Line dengan perintah berikut :
[code lang=’bash’]
su – zimbra
zmprov ca user1@imanudin.archive passwordarchiveuser1
[/code]
# Buat rule pada Zimbra untuk melakukan archive setiap penerimaan email dari user yang hendak diarchive
[code lang=’bash’]
vi /opt/zimbra/postfix/conf/main.cf
[/code]
Tambahkan baris berikut pada baris paling bawah

recipient_bcc_maps = lmdb:/opt/zimbra/postfix/conf/recipient_bcc

# Buat file /opt/zimbra/postfix/conf/recipient_bcc dan isi dengan user yang hendak diarchive
[code lang=’bash’]
vi /opt/zimbra/postfix/conf/recipient_bcc
[/code]
Isi dengan contoh berikut

user1@imanudin.net      user1@imanudin.archive

# Postmap file /opt/zimbra/postfix/conf/recipient_bcc yang telah dibuat
[code lang=’bash’]
postmap /opt/zimbra/postfix/conf/recipient_bcc
[/code]
# Reload service Postfix Zimbra
[code lang=’bash’]
postfix reload
[/code]
Silakan coba kirim email pada user yang telah dikonfigurasi auto bcc baik via webmail, email klien ataupun gadget. Silakan cek juga pada user archive apakah penerimaan dari account tersebut otomatis disalin juga pada user archive.

Note :

– Panduan diatas diuji coba pada Zimbra versi 8.5.x. Jika menggunakan versi sebelumnya dan panduan diatas tidak berjalan, silakan coba ubah tulisan lmdb menjadi hash.

– Setiap melakukan penambahan user archive pada file /opt/zimbra/postfix/conf/recipient_bcc, jangan lupa untuk melakukan postmap dan reload Postfix Zimbra

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀

Iklan :

Cara diatas memang dapat diimplementasikan. Jika ingin yang lebih mudah dalam memanage-nya, pertimbangkan untuk menggunakan Zimbra Network Edition yang tentunya memiliki feature lebih banyak. Silakan hubungi Team Sales Excellent pada form kontak berikut : http://www.excellent.co.id/kontak/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.