Script Otomatisasi Konfigurasi PolicyD

Posted by

Jika melakukan implementasi Zimbra mail server, PolicyD adalah salah satu service yang harus diinstall untuk menangkal SPAM. Adapun hal yang biasa dilakukan adalah dengan cara mengaktifkannya dengan mengikuti panduan pada link berikut : http://goo.gl/N2taSt, memberikan username dan password pada PolicyD WebUI dengan panduan pada link berikut : http://goo.gl/yUQndl, melakukan konfigurasi rate limit sending message dengan panduan pada link berikut : http://goo.gl/bE3rHK dan melakukan konfigurasi reject unlisted domain dengan panduan pada link berikut : http://goo.gl/Qkxn4C.

Semua tahapan yang disebutkan diatas dilakukan secara manual dan terus menerus seperti itu. Dikarenakan belum adanya perbedaan untuk mengaktifkan PolicyD pada Zimbra dan khususnya Zimbra 8, maka untuk memudahkan proses aktivasi PolicyD dibuatlah sebuah simple script yang akan melakukan aktivasi dan konfigurasi secara otomatis. Script tersebut dapat didownload dan dijalankan dengan cara berikut :

cd /srv/
wget -c http://ahmad.imanudin.com/wp-content/uploads/2014/08/automatic-policyd.sh
chmod +x automatic-policyd.sh
sh automatic-policyd.sh

Keterangan : Script tersebut hanya diuji coba pada sistem operasi SUSE Linux Enterprise Server dan Zimbra 8.0.x single server. Jika hendak diujicoba pada sistem operasi lain, silakan buka script tersebut dan sesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan.
Update 29 Agustus 2014

Script diatas sudah diujicoba pada Zimbra 8.0.x dan 8.5.x single server pada sistem operasi SUSE Linux Enterprise Server dan CentOS.

Dengan menggunakan script tersebut, maka otomatisasi konfigurasi yang dilakukan adalah :

  • Mengaktifkan PolicyD
  • Mengaktifkan PolicyD WebUI
  • Memberikan Password pada Policyd WebUI
  • Improvement Reject Unlisted Domain
  • Improvement Rate Limit Sending Message

Jika ada masukkan terkait script tersebut diatas, jangan sungkan untuk memberikan komentar/masukannya.

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *