Horeeeee Zimbra Desktop is Come Back

Posted by

Horeeeee Zimbra desktop ada lagi, Zimbra desktop ada lagi. Mungkin itulah perasaan yang sedang menyelimuti para pecinta Zimbra, khususnya Zimbra desktop yang sering digunakan sebagai email klien (ngga juga ah, itu perasaan kamu aja kali Mad. Hhhhmm, mungkin iya juga sih :D). Setelah sekian lama Zimbra Desktop tidak release, akhirnya Project Zimbra desktop dijalankan kembali dibawah naungan Telligent yang sebelumnya dimiliki oleh VMware.

Pada tanggal 28 Mei 2014, Telligent mengumumkan release Zimbra desktop yang pertama kalinya setelah diakuisisi. Yaitu Zimbra desktop versi 7.2.5. Ketika Zimbra Collaboration Server 7.2.7 direlease diawal tahun 2012, VMware mengumumkan untuk mematikan project Zimbra desktop alias EOL (End Of Life) direlease Zimbra yang akan mendatang. Pada Juli 2013, Telligent mengakuisisi Zimbra dari VMware. Salah satu hal yang pertama Telligent lakukan adalah memulai dengan berbicara pada customer dan dengan cepat menemukan solusi email klien yang bagus, yaitu Zimbra desktop. Pada Januari 2014 Telligent mengadakan pertemuan Zimbra Community di Paris dan mereka melakukan re-investasi pada Zimbra desktop dan akan terus menjadi produk yang ditawarkan oleh Zimbra.

Jadi, apa itu Zimbra Desktop?

Zimbra desktop adalah sebuah aplikasi email klien yang dapat kita install pada Windows, Mac OS atau Linux. Orang orang yang terbiasa/familiar menggunakan Microsoft Outlook, akan segera merasa nyaman ketika menggunakan Zimbra desktop. Berikut adalah beberapa screenshot saat menggunakan Zimbra desktop

calendar-zd

email-zd

Zimbra desktop dapat digunakan baik secara online ataupun offline. Zimbra desktop juga dapat digunakan tidak hanya pada Zimbra Collaboration Server saja sebagai back-end email server, tapi dapat juga digunakan pada email server Microsoft Exchange, Google Mail, Yahoo dan email server lainnya. Zimbra desktop juga dapat menggunakan Zimlet ektension yang dapat diunduh pada Gallery Zimbra seperti zimlet social dan yang lainnya.

Dimana Zimbra desktop dapat didownload?

Zimbra desktop dapat didownload pada website resmi Zimbra pada link berikut : Get Zimbra Desktop 7.2.5. Silakan download sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀

Referensi : Z’s Baaaaaaaack!!” Zimbra Desktop 7.2.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.