Cara Upgrade ke macOS Ventura pada MacBook Air 2015

Posted by

macOS Ventura sudah rilis. Namun sayangnya, MacBook Air yang saya gunakan tidak termasuk kedalam list yang mendapatkan update. MacBook Air yang saya gunakan tipenya MacBook Air Early 2015.
Namun tidak perlu khawatir. Banyak cara di internet untuk memungkinkan instalasi macOS Ventura pada Mac devices versi lama. Pada saat tulisan ini dibuat, saya sudah menggunakan macOS Ventura pada MacBook Air Early 2015 🙂 . Lalu bagaimana caranya? berikut adalah tools yang dibutuhkan :

– USB Stick dengan kapasitas minimum 16 GB
– OpenCore-Legacy-Patcher yang dapat didownload disini : https://github.com/dortania/OpenCore-Legacy-Patcher/releases
– Installer macOS Ventura yang dapat didownload disini : macOS Ventura

Sebenarnya, installer macOS Ventura dapat otomatis didownload melalui OpenCore. Namun saya mengalami kegagalan ketika proses download mencapai lebih dari 10%. Mengingat besarnya installer yang harus didownload (lk 12 GB) dan quota internet yang diirit-irit 😀 , saya download secara manual menggunakan wget. Caranya sebagai berikut :

cd /Applications
wget -c https://swcdn.apple.com/content/downloads/45/03/012-93766-A_BKGVNEJYP3/ogzz9pg17x6lk7uvi0jgqjz843ncr7857a/InstallAssistant.pkg

Setelah selesai didownload, buka file InstallAssistant.pkg untuk membuat macOS Ventura Installer.app

Untuk proses selanjutnya, silakan buat bootable menggunakan OpenCore. Salah satu panduannya bisa dilihat pada salah satu video berikut (langsung pada bagian Create macOS Installer).

https://www.youtube.com/watch?v=0YZrYMK19v0&t=110s

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.