Konfigurasi Global Address List (GAL) pada Email Klien

Posted by

GAL/Global Address List adalah sekumpulan daftar yang berisi alamat email. Jika menggunakan webmail pada Zimbra, maka otomatis ketika akan mengirimkan email ke sesama domain, alamat email yang dituju sudah tersedia dan dapat dipilih sesuai dengan tujuan email masing-masing. Hal tersebut sangat membantu bagi user. Sehingga user tidak perlu menghapal atau mengingat email dari rekannya yang sesama domain.

GAL/Global Address List juga tersedia bagi pengguna Microsoft Outlook yang menggunakan connector. Sayangnya, penggunaan connector tersebut hanya berlaku bagi pengguna Zimbra Network Edition. GAL juga otomatis tersedia bagi pengguna Exchange ActiveSync yang tersedia pada Zimbra NE juga 😀

Bagi pengguna email klien standard seperti Thunderbird yang menggunakan koneksi IMAP/POP, maka GAL tidak otomatis tersedia. Namun harus ditambahkan secara manual sebagai Internet Directory Service atau LDAP.

Pada artikel ini, saya menggunakan Thunderbird sebagai contoh email klien yang akan dikonfigurasi GAL menggunakan Internet Directory Service (LDAP).

Pilih menu Tools | Address Book

Pilih menu File | New | LDAP Directory

Sesuaikan isian berikut :

Name : Diisi dengan nama Address Book yang diinginkan. Misalnya “Zimbra GAL”
Hostname : Mengarah pada email server. Jika menggunakan skema multi server, maka Hostname diarahkan pada server LDAP
Base DN : Diarahkan pada nama domain yang di query. Formatnya dc=namadomain,dc=tld
Port Number : Diarahkan pada port 389 defaultnya. Jika menggunakan port custom, silakan disesuaikan
Bind DN : Format penulisan dengan skema uid=namauser,ou=people,dc=namadomain,dc=tld

Lihat contoh konfigurasi pada gambar dibawah

Untuk format penulisan pada bagian user adalah uid=namauser,ou=people,dc=namadomain. Contoh. Nama user yang saya gunakan adalah admin. Jika nama domain yang saya gunakan adalah imanudin.net, maka formatnya seperti ini “uid=admin,ou=people,dc=imanudin,dc=net”. Jika nama domainnya imanudin.web.id, maka penulisannya menjadi “uid=admin,ou=people,dc=imanudin,dc=web,dc=id”. Yang tidak berubah dari format diatas hanyalah ou=people. Ou tersebut memang default bawaan dari Zimbra.

Tips : Untuk memudahkan dalam penggunaan GAL, buat 1 buah user yang bertindak sebagai GAL master. Misalnya gal@imanudin.net. User tersebut nantinya dipakai oleh semua user ketika konfigurasi GAL. User ahmad, iman dan nugi menggunakan user gal@imanudin.net sebagai user yang dikonfigurasi pada GAL. Sehingga format Bind DN pada konfigurasi GAL, semuanya merujuk pada “uid=gal,ou=people,dc=imanudin,dc=net”

Testing hasil konfigurasi GAL dengan mengetikkan nama domain/nama user yang hendak di query. Masukkan password user yang digunakan pada bagian Bind DN jika muncul pop up password.

Sekarang, GAL pada email server Zimbra sudah dapat di query oleh Thunderbird. Agar ketika kirim email otomatis memilih GAL sebagai prioritas, silakan lakukan langkah berikut :

Pilih Account Settings | Composition & Addressing. Pilih Zimbra GAL pada bagian use a different LDAP server

Pada bagian to, cc atau bcc, maka akan otomatis mengarah pada GAL yang sudah dibuat sebagai prioritas address book dan menampilkan alamat email yang tersedia

Setelah dikonfigurasi GAL pada Thunderbird atau email klien lainnya, user tidak perlu lagi menghapal alamat email rekanan sesama domain. Selain itu, menghindari dari kesalahan ketik (typo) juga 🙂

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.