Tugas Kuliah Pemrograman Java

Posted by

Minggu ini saya ada UAS di STMIK Bani Saleh Bekasi. UAS sudah dimulai dari hari Senin tanggal 22 – 27 Juli 2019. Salah satu mata kuliahnya adalah Pemrograman 2 menggunakan Java. Tugasnya adalah membuat sebuah program dengan Java. Direkomendasikan berkaitan dengan lingkungan yang terdekat. Misalnya proses bisnis atau produk yang ada di tempat kerja. Program tersebut dalam bentuk Java Form dan dibuat menggunakan Netbeans.

Saya coba buat program sederhana tentang salah satu layanan yang ada di PT. Excellent Infotama Kreasindo tempat saya bekerja. Yaitu Excellent SMTP Relay. Alur proses yang terpikir oleh saya adalah klien dihadapkan pada menu utama yang berisi tentang paket-paket SMTP Relay yang ditawarkan beserta fitur-fiturnya. Kemudian, klien klik order dan muncul form yang harus diisi seperti nama depan, nama belakang, nama instansi, alamat, email, password dan phone. Setelah melakukan submit, klien akan dihadapkan pada pilihan paket beserta lamanya berlangganan. Tidak lupa juga dimunculkan total biaya yang harus dibayarkan.

Contoh tampilan project program java

Setelah memilih paket dan klik tombol simpan, klien akan dihadapkan pada menu login. Ketika klien login, maka akan muncul informasi perihal identitas klien yang telah disubmit pada proses sebelumnya. Dari menu tersebut, klien bisa mengganti profile, menambahkan domain, mengganti password dan menyunting paket yang sebelumnya dipilih.

Jika ketika register klien tidak memilih paket, maka klien akan dialihkan pada menu pilih paket sebelum masuk pada menu identitas klien.

Selain menu customer, ada juga menu khusus untuk admin. Seorang admin harus login terlebih dahulu untuk masuk pada menu tersebut. Setelah login, admin bisa membuka menu list customer yang sudah terdaftar sebelumnya. Admin juga memiliki kemampuan untuk menambah, mengedit atau menghapus customer. Atau mencetak report dan dijadikan dalam bentuk PDF.

Untuk mengaplikasikan alur proses tersebut, saya buat beberapa form. Berikut adalah nama formnya sesuai urutan prosesnya

  1. menuUtama – berisi daftar paket beserta fitur SMTP Relay
  2. tambahCustomer – form registrasi untuk customer
  3. pilihPaket – pilihan paket yang tersedia
  4. loginCustomer – Form login untuk customer setelah sukses registrasi dan pilih paket
  5. menuCustomer – berisi identitas customer yang diisi ketika registrasi. Pada menu ini, customer dapat mengganti identitas yang sudah dimasukkan. Menambah, menghapus dan mengedit domain. Mengganti password dan downgrade/upgrade layanan
  6. gantiPasswordCustomer – form untuk ganti password
  7. suntingPaket – form untuk downgrade/upgrade paket

Untuk admin, terdapat beberapa form. Diantaranya :

  1. loginAdmin – Form yang digunakan admin untuk login
  2. menuAdmin – Form menu yang ditampilkan setelah admin login
  3. gantiPasswordAdmin – Form untuk admin mengganti password
  4. listCustomer – Berisi list customer beserta tambahan fiturnya. Seperti mencari customer, menambah, menghapus, mengedit atau mencetak laporan

Adapun untuk tabel yang dibuat pada database, terdiri dari 6 tabel utama. Yaitu tabel customer, domain, loginAdmin, paket, tipeLangganan dan transaksi.

Proses pembuatannya bagi saya cukup sulit. Butuh waktu lebih kurang 2 minggu dan beberapa hari kurang tidur 😀 . Background saya yang bukan programming juga menjadi salah satu kendala. Untuk hal design tampilan, masih seadanya. Bisa dibilang kurang “nyeni”. Tapi alhamdulillah program tersebut jadi juga.

Hari senin kemarin program tersebut ditest dan dicek langsung oleh Dosen. Salah satu catatan yang harus diperbaiki adalah :

  • Mengotomatiskan posisi di tengah layar ketika aplikasi dijalankan
  • Mengotomatiskan paket terplih sesuai dengan pilihan dari menu utama
  • Memperbaiki typo atau kekurangan huruf
  • Edit profile customer terkendala pada bagian pengecekan email

Overall Dosen cukup apresiasi terhadap program tersebut.

Untuk sample program saya upload pada Github. Bisa diakses pada link berikut : https://github.com/imanudin11/kuliah.

Saya sadar program tersebut masih “acak-acakan” dan tidak sesuai dengan kaidah pemrograman yang baik. Mungkin ada code yang berulang-ulang dan mubazir.

Ternyata ngoding bisa bikin lupa waktu dan terbawa pikirannya sampai tidur 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.