Saya baru mengenal OpenStack kurang lebih pada tahun 2013 atau awal tahun 2014. Waktu itu sedang ada pekerjaan implementasi email server disalah satu perbankan. Team IT perbankan yang mendampingi saya pada saat implementasi disana sempat berujar pada saya untuk belajar OpenStack atau CloudStack. Karena saat itu OpenStack sedang booming dan banyak dibicarakan. Saya coba cari referensi perihal OpenStack dan CloudStack. Mulai dari dokumentasinya dan tata cara instalasinya.

Awal membaca perihal OpenStack, saya cukup dibuat pusing dengan istilah-istilah yang digunakan dan banyaknya project yang terlibat. Seperti Horizon, Keystone, Neutron, Swift, Cinder dan lain lain. Sempat juga download dokumentasi perihal instalasinya dan diprint berbentuk modul agar lebih mudah untuk dibaca. Download juga dokumentasi dalam bentuk PDF dan dibaca disela-sela perjalanan ke klien via tablet/handphone. Sempat menyerah dengan OpenStack karena istilah-istilahnya yang banyak dan hasil dari percobaan yang gagal juga 😀 . Selain itu konsep dari networking OpenStack yang belum saya pahami mekanismenya.

Beralih mempelajari CloudStack yang lebih simple dari sisi instalasi dan tidak terlalu banyaknya istilah. Selain itu, konsep dari networking yang ada hampir sama dengan networking yang digunakan pada Proxmox atau Virtualisasi server yang lainnya. Yaitu minimal 1 NIC yang di bridge dan sudah bisa langsung digunakan oleh VM diatasnya. Sempat juga dibuatkan panduannya pada internal dokumen PT. Excellent Infotama Kreasindo sebagai catatan.

Semakin hari popularitas OpenStack semakin tinggi. Kembali adanya keinginan untuk mempelajari OpenStack dan sampai menginap di kantor untuk sekedar ngoprek dengan team yang lain. Dulu dikantor sering diadakan menginap untuk melakukan review pekerjaan dan ngoprek-ngoprek. Diikutinya panduan instalasi OpenStack yang disediakan pada website https://openstack.com dan masuk pada tahapan pembuatan instance. Lagi-lagi saya gagal pada tahapan membuat instance.

Pada tahun 2015, kemudian saya coba cari-cari training atau workshop perihal OpenStack di Indonesia. Alhasil saya ketemu dengan B-Tech yang mengadakan training/workshop OpenStack yang dipandu oleh Bpk. Utian Ayuba yang berlokasi di Bogor. Saya daftar bersama rekan saya mas Edi Gunawan untuk mengikuti workshop tersebut.

Dari workshop tersebut, saya baru paham perihal konsep networking dari OpenStack. Adanya floating IP, security dan yang lainnya. Pada workshop tersebut juga saya sukses membangun OpenStack dan tentunya berhasil membuat instance berjalan sebagai mana mestinya 😀 . Hasil dari pengetahuan workshop tersebut, saya pernah membuat artikel Cara Cepat dan Mudah Instalasi OpenStack Kilo (Controller, Compute, Network) pada CentOS 7 dan dibuatkan juga Videonya.

Sempat vakum belajar OpenStack diawal tahun 2016 dan akhirnya mencoba menulis buku perihal Instalasi, Konfigurasi dan Administrasi OpenStack di akhir tahun 2016. Buku tersebut sudah selesai dibuat dan sudah dapat dipesan 😉

Berikut adalah informasi perihal buku OpenStack yang saya buat

Buku Excellent : Instalasi, konfigurasi dan Administrasi OpenStack ini merupakan buku kurikulum terbaru 2017 di Excellent untuk materi Virtualisasi Server modern.

OpenStack merupakan platform perangkat lunak untuk cloud, baik digunakan untuk publik maupun privat. OpenStack dapat diintegrasikan dengan virtualisasi server yang sudah ada lebih dulu seperti VMware, Hyper-V, Xen atau teknologi yang baru booming seperti LXC atau Docker

Buku ini ditujukan bagi para SysAdmin yang membutuhkan literatur bahasa Indonesia mengenai pengetahuan dasar membangun cloud berbasis OpenStack.

Dicetak dalam format buku ukuran B5 dengan kertas art glossy sekitar 140 halaman, buku ini sudah siap dipesan dan dikirimkan

Summary Daftar Isi :

  • Penjelasan Mengenai OpenStack
  • Instalasi SUSE Linux Enterprise Server
  • Konfigurasi Repositori Lokal
  • Konfigurasi Repositori OpenStack
  • Instalasi SQL, Message Queue dan Memcached
  • Instalasi dan konfigurasi Identity Service (Keystone)
  • Membuat Domains, Projects, Users dan Roles
  • Instalasi dan konfigurasi Image Service (Glance)
  • Instalasi dan konfigurasi Compute Service (Nova)
  • Instalasi dan konfigurasi Networking Service (Neutron)
  • Instalasi dan konfigurasi OpenStack Dashboard
  • OpenStack Overcommit
  • Resize Instance
  • Tips otomatisasi startup pada instance

Keterangan :
– Include DVD berisi SUSE Linux Enterprise Server 12 SP2
– Include CD berisi repositori OpenStack dan CirrOS image

Pemesanan Online :

https://www.bukalapak.com/p/komputer/software-original/65zrdn-jual-buku-excellent-instalasi-konfigurasi-dan-administrasi-openstack
https://www.tokopedia.com/infokreasindo/buku-excellent-instalasi-konfigurasi-dan-administrasi-openstack-1
https://www.tokopedia.com/vavai/buku-excellent-instalasi-konfigurasi-dan-administrasi-openstack