Akhirnya Kiriman Paket Surat itupun Datang Juga

Posted by

Awal Mula Menulis pada Blog

Pertama kali menulis pada sebuah blog jika tidak salah pada tahun 2011 pada blog pribadi pak boss Vavai di vavai.com. Perasaan pertama kali pada saat hendak menulis diblog waktu itu adalah apa yang harus saya tulis dan bagaimana? banyaknya pertimbangan-pertimbangan yang seolah berdebat pada pikiran saya adalah mengenai persepsi dari pembaca. Bagaimana apabila tulisannya jelek? bagaimana apabila yang saya tulis itu standard dan sudah banyak orang yang tahu? bagaimana jika…bagaimana jika..dan bagaimana jika… Selalu muncul pertanyaan bagaimana dan bagaimana pada pikiran saya waktu itu.

Akhirnya saya memberanikan diri untuk menulis pada blog vavai.com seputar informasi technologi. Ternyata apa yang saya tulis mendapatkan respon positif dan membantu orang-orang yang khususnya sedang mencari informasi tersebut atau mengalami masalah seputar informasi artikel yang saya tulis. Akhirnya saya mencari dan mencari lagi bahan yang harus saya tulis. Kebanyakan dari bahan yang saya tulis waktu itu adalah bersifat teknis. Padahal, pak boss sering bilang bahwa untuk menulis pada sebuah blog itu tidak harus teknis dan yang penting menyenangkan. Apa yang kita senangi tulis saja dan apa yang kita alami tulis saja apa adanya. Misalnya pengalaman saat pertama kali masuk dan bergabung di Excellent atau pengalaman pada saat mengunjungi beberapa klien Excellent bersama pak boss Vavai waktu itu.

ilustrasi-blog
Gambar diambil dari http://ferryjaguaritem.blogdetik.com/

Meskipun sudah diberi tahu seperti itu, tetap saja saya jarang menuliskan pengalaman/kegiatan sehari-hari saya dan masih tetap seputar teknis yang saya tulis. Hehehe . Adapun beberapa tulisan saya di vavai.com dapat dilihat pada link berikut : http://vavai.com/author/ahmad/.

Pada saat bergabung dengan Excellent, waktu itu kebetulan Excellent baru saja resmi menjadi PT. Akhirnya untuk beberapa tulisan yang bersifat teknis dan panduan di vavai.com mulai diarahkan pada website www.excellent.co.id. Beberapa kali diajak kesana kemari mengunjungi beberapa klien oleh pak boss, tentunya ada pengalaman disitu. Baik pengalaman perjalanan ke klien, menghadapi klien, implementasi di klien, mengikuti prosedur tender di klien dan lain sebagainya. Pengalaman pengalaman tersebut mulai saya tulis di website www.excellent.co.id, namun tetap saja yang saya tulis bersifat teknis. Hehehe. Ingin rasanya juga menulis beberapa pengalaman yang saya alami, tapi tentunya pada blog pribadi. Hehehe

Awal Mula Membangun sebuah Blog

Pada awal Mei 2013, akhirnya saya memesan domain imanudin.com sebagai blog pribadi. Domain tersebut saya minta pada pak boss dan sekalian dengan hosting-nya .Hehehe . Thanks boss atas pemberian domain dan hostingnya secara cuma-cuma. Dari blog imanudin.com inilah saya belajar menulis pada sebuah blog dan membangun sebuah reputasi blog. Mulai dari mendesign blog, mencari informasi perihal template yang cocok untuk blog beserta dengan pluginnya. Saya sendiri tidak memiliki background programmer dan hanya menggunakan CMS yang sudah tersedia.

Pengalaman pengalaman yang saya alami mulai saya tulis pada blog pribadi ini dan akhirnya mulai banyak tulisan yang saya tulis. Mulai dari tutorial, problem yang dihadapi dan juga pengalaman pribadi. Kebiasaan menulis ini juga ternyata terbawa pada pekerjaan di Excellent. Salah satu contohnya adalah menyusun modul panduan yang enak dibaca dan dimengerti ataupun dokumentasi sistem pada klien. Memang panduan ataupun dokumentasi yang ditulis sifatnya lebih banyak ke teknis. Hehehe

 Awal Mula Menjadi Publisher

Setelah sekian lama menulis, saya tertarik juga untuk menjadi publisher beberapa penyedia layanan iklan. Salah satu layanan yang paling banyak digunakan adalah Google adsense. Saya mulai mencari informasi perihal Google Adsense. Bagaimana caranya membuat account Google adsense? bagaimana caranya memasang iklan Google adsense? dan bagaimana cara menempatkan iklan yang bagus pada blog dan tidak terlalu mengganggu.

Proses tersebut saya awali dari membuat account pada Google adsense. Ternyata membuat account Google adsense itu susah dan sering sekali saya ditolak karena tidak sesuai dengan ketentuan dari Google. Mungkin ada lebih dari sepuluh kali pengajuan saya di tolak oleh Google. Dari situ saya mulai belajar memperbaiki blog dan melengkapinya mulai dengan informasi kontak, menaikkan traffic pengunjung ataupun yang lainnya. Memang butuh pengorbanan untuk mendapatkan hal tersebut dan akhirnya account saya diterima oleh Google setelah melewati beberapa verifikasi.

Iklan dari Google mulai muncul pada blog saya. Hampir setiap hari saya melihat statistik pengunjung pada blog dan earning pada panel Google adsense berapa pendapatan saya hari ini. Cukup norak memang, tapi entah mengapa menjadi kebahagiaan tersendiri setelah lulus verifikasi dari Google dan melihat earning setiap harinya. Melewati bulan pertama setelah dipasang iklan pada blog, saya melihat informasi pendapatan bulan lalu pada panel Google adsense sebesar kurang dari 1$. Wow, sungguh angka yang sangat fantastis sekali. Hehehe

google adsense

Saya tanya pada pak boss dan informasi diinternet perihal meningkatkan pengunjung blog dan artikel yang menarik dan banyak dicari oleh orang. Dari banyaknya informasi yang saya dapatkan, ternyata bahasa yang digunakan pada blog pun mempengaruhi pengunjung. Jika menggunakan bahasa Indonesia, tentu pengunjungnya bisa dipastikan berasal dari Indonesia atau orang-orang yang mengerti bahasa Indonesia. Namun jika menggunakan bahasa Inggris yang global, tentu pengunjungnya bisa lebih banyak. Waduuuh, bahasa Inggris ya? tambah puyeng dah nulisnya ini mah. Hehehe

Tapi dengan informasi tersebut, saya menjadi tertantang untuk membuat blog dan artikel menggunakan bahasa Inggris. Akhrinya pada bulan April 2014 saya membuat blog berbahasa Inggris yang beralamat di imanudin.net. Kebanyakan artikel yang saya tulis disana merupakan translate acak-acakan dari blog bahasa Indonesia di imanudin.com .Hehehe . Ternyata blog tersebut lebih banyak pengunjungnya dibandingkan dengan blog di imanudin.com. Awal mengisi artikel pada blog tersebut sudah saya pasang juga Google Adsense. Tentunya earning yang didapatkan dari Google adsense lebih banyak, karena berasal dari 2 blog tersebut. Bulan demi bulan earning yang didapatkan-pun mulai bertambah dan mulai masuk pada verifikasi selanjutanya, yaitu memasukkan PIN verifikasi.

PIN Google dan Kiriman Pos

Setelah memasuki earning 10$, saya diharuskan memasukkan PIN yang dikirimkan oleh Google. PIN ini tidak dikirimkan melalui email, melainkan melalui POS berupa paket surat dari Google. Alamaaaak, gimana ini, alamat saya kan bisa dibilang jauh dan terpencil, apakah sampai ke alamat tersebut (perkataan dalam pikiran saat itu). Proses generate PIN dilakukan pada bulan November 2014 dan estimasi sampai pada alamat rumah 2-4 minggu kemudian. Saya mulai tanya sama keluarga dikampung apakah paket dari Google sudah sampai atau belum karena sudah melewati 4 minggu dan jawabnya tidak ada. Coba tanya langsung dan mendatangi kantor pos apakah ada kiriman dari Google untuk saya, jawabnya tidak ada juga. Waduuuh, gimana ini. Jangan-jangan ngga bakalan sampe nih (pikiran saya waktu itu).

Saya buka kembali panel Google Adsense dan melakukan regenerate PIN yang kedua dan dikirimkan kembali pada alamat rumah saya. Maksimal regenerate PIN ini hanya sebanyak 3 kali. Jika tetap tidak sampai kiriman tersebut, maka pilihan terakhir adalah mengirimkan kartu identitas pada Google sebagai bentuk verifikasi bahwa alamat tersebut benar adanya.

Tidak lama berselang setelah melakukan regenerate PIN, saya mendapatkan informasi dari adik saya via BBM bahwa kiriman tersebut sudah sampai. Adik saya pun memphoto dan mengirimkan-nya ke saya. Dan photo yang paling penting tentunya informasi PIN yang harus dimasukkan pada Google Adsense. Berikut adalah paket kiriman dari Google

kiriman-GoogleAdsense

Senang rasanya paket tersebut akhirnya sampai juga. Langsung cepat-cepat saya memasukkan PIN yang diterima pada account Google adsense dan akhirnya account saya terverifikasi. Hehehe

Maksud dari memasang iklan Google ini tentunya hanya sebatas penghasilan tambahan dari aktifitas blogging. Maksud yang utama dari pembuatan blog ini tentunya sebagai bahan pengingat dan catatan saya pribadi. Dan tentunya juga membantu orang-orang yang mengalami hal yang sama dengan saya. Jika saya membutuhkan waktu beberapa jam, hari, minggu atau berbulan bulan untuk melakukan problem solve masalah yang saya alami, mudah-mudahan dengan artikel yang saya tulis untuk orang yang mengalami hal yang sama dapat melakukan problem solve dengan singkat. Selain itu, juga dengan adanya blog ini mudah2an menjadi sarana berbagi ilmu yang bermanfaat.

Selamat ngeblog 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.