How To Backup/Restore Buddy List on ZxChat

Posted by

Beberapa hari yang lalu, ada rekan alumni Excellent yang menanyakan bagaimana cara melakukan backup/restore buddy list pada Zimbra yang telah terpasang Zextras ZxChat. Tentu saja pertanyaan ini belum bisa saya jawab dikarenakan memang belum pernah melakukannya waktu itu. Untuk memberikan jawaban pada rekan alumni Excellent tersebut dan menghilangkan rasa penasaran, akhirnya saya tanya langsung pada Zextras Forum perihal tata cara backup/restore buddy list pada Zextras.

Pertanyaan sayapun disambut dengan baik dan hangat oleh salah satu pengembang Zextras. Dia menanyakan bagaimana saya melakukan backup/restore username, password dan mailbox pada Zimbra. Apakah menggunakan Zextras migration tools atau menggunakan metode lain? adapun cara yang saya lakukan untuk melakukan itu semua adalah dengan cara backup/restore account, alias dan distribution list yang pernah saya jelaskan pada link berikut : http://goo.gl/NIuSfi dan backup/restore mailbox dengan script yang telah dijelaskan pada link berikut : http://goo.gl/qAEP29.

Setelah dijelaskan tahapan tersebut diatas, pengembang Zextras memberikan instruksi untuk melakukan backup/restore buddy list seperti berikut :

  • Install Zextras versi terbaru pada kedua email server (email server lama dan email server baru) : http://goo.gl/bvT1TZ
  • Stop service Zimbra pada kedua server (email server lama dan baru)
  • Salin folder /opt/zimbra/conf/zextras/zxchat dari Zimbra lama ke Zimbra Baru
rsync -av /opt/zimbra/conf/zextras/zxchat root@zimbra-baru:/opt/zimbra/conf/zextras/

Setelah dilakukan penyalinan dengan instruksi diatas, silakan jalankan kembali service Zimbra pada kedua server dan coba login webmail pada Zimbra baru (server kedua). Seharusnya buddy list pada ZxChat Zimbra lama sudah ada. Berikut adalah screenshot buddy list yang berhasil di restore

buddy-list-zxchat

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀

Source : http://forums.zextras.com/zxchat/982-backup-buddy-list-zxchat.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *