Konfigurasi Instant Messaging/Chat Zimbra Pada Mobile Devices

Posted by

Pada Zimbra 8, kita dapat menggunakan fasilitas chat dengan bantuan add on pihak ketiga, yaitu Zextras Chat. Untuk mengaktifkan Zextras chat ini, panduannya telah ditulis pada link berikut : http://goo.gl/YoC335. Pada saat Zextras masih versi dibawah 1.8.13, Zextras Chat hanya dapat digunakan apabila kita akses Zimbra via Webmail. Tentu saja semua user harus akses Webmail apabila hendak menggunakan fasilitas chat tersebut.

Mulai versi 1.8.13, Zextras sudah support terhadap protokol XMPP. Dengan supportnya protokol XMPP ini, kita dapat menggunakan chat tersebut dengan menggunakan aplikasi lain seperti Pidgin ataupun aplikasi yang support XMPP. Apabila kita ingin menggunakan fasilitas chat pada mobile devices seperti Windows Phone, Android maupun Iphone, banyak aplikasi yang mendukung protokol ini. Salah satu aplikasi tersebut adalah IM+. Aplikasi ini dapat diunduh dan diinstall baik untuk Android, Windows Phone maupun Iphone.

Untuk melakukan konfigurasi IM+ agar dapat digunakan untuk chat pada protokol XMPP, berikut adalah contoh konfigurasi yang saya lakukan :

Buka aplikasi IM+ yang telah terinstall dan pilih Jabber kemudian Next

jabber-im

Masukkan alamat email beserta password email Zimbra untuk menambahkan account Jabber pada IM+. Pilih menu Advanced untuk konfigurasi lebih lanjut

addaccount-jabber

Masukkan alamat Host sesuai dengan alamat email server (bisa juga dengan memasukkan IP Address langsung). Jangan lupa untuk open port 5222 apabila terdapat firewall.

config-jabber

Jika IM+ telah dikonfigurasi, maka status-nya menjadi online menandakan bahwa IM+ dapat berkomunikasi dengan server

jabber-connected

Berikut adalah tampilan buddy chat pada IM+

contact-jabber

Dengan demikian, kita dapat melakukan koordinasi pekerjaan melalui instant messaging/chat dengan rekan yang lain.

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀

3 comments

  1. maksudnya deploy zimlet zextrasnya?Chat via web bisa,,port sudah open di servernya,,,saya coba pake pidgin,IM+(android),Xabber(android) ga bisa,pake spark bisa cuma list friendnya ga ada ?kira2 apa ya?klo liat log nya di mana untuk aplikasi chatnya apa sama dengan log zimbra? info saya memakai zimbra multi server (LDAP,Mailbox,MTA),,terima kasih sebelumnya mas ahmad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.