Tips Proxmox : Instalasi Driver Virtio Pada Windows

Posted by

Jika pada VMware terdapat VMware Tools, maka pada Proxmox/KVM terdapat Virtio. Seperti yang kita ketahui bahwa VMware Tools yang terdapat pada VMware dapat memaksimalkan performance dari guest OS itu sendiri seperti performance NIC, maka tidak beda jauh dengan KVM yang harus melakukan instalasi Virtio apabila ingin memiliki performance yang baik. Seperti yang telah disebutkan juga pada link berikut http://pve.proxmox.com/wiki/Performance_Tweaks bahwa sebaiknya menggunakan type Virtio baik untuk type harddisk dan Network Card.

Jika guest OS yang diinstall adalah sistem operasi Linux, maka by default driver Virtio sudah ada dan tidak perlu diinstall. Namun apabila guest OS menggunakan sistem operasi Windows, maka driver Virtio harus diinstall untuk mendapatkan best performance. Salah satu kendala apabila menggunakan guest OS Windows khususnya Windows XP adalah tidak dapat mengenali type disk Virtio dan hanya bisa diinstall dengan type disk IDE/SATA. Untuk mensiasati hal ini, kita dapat install Windows menggunakan type disk IDE/SATA dan kemudian install Virtio driver. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk instalasi driver Virtio :

Download driver virtio untuk Windows pada link berikut : http://alt.fedoraproject.org/pub/alt/virtio-win/latest/ dan pilih yang type iso. Upload iso driver virtio tersebut pada Proxmox. Shutdown/Stop VM Windows apabila sedang berjalan. Tambahkan 1 buah harddisk dengan type disk Virtio dan berikan saja harddisk 1 GB (Harddisk ini untuk pancingan saja :D)

harddisk-virtio

Jangan lupa juga untuk edit Network Device menjadi Virtio apabila masih menggunakan type yang lain

network-virtio

Edit juga pada pilihan CD/DVD agar memilih iso driver virtio

cdrom-virtio

Jika sudah OK, jalankan VM Windows tersebut. Jika dilihat dari device manager Windows, maka terdapat SCSI Controller dan Ethernet Controller yang belum terinstall. Pilih satu persatu device yang belum terinstall, klik kanan dan pilih update driver. Arahkan pada CDRom yang merupakan hasil mounting driver Virtio. Jika sudah terinstall, shutdown VM Windows dan jalankan intruksi berikut :

Buang Harddisk Virtio pancingan dengan kapasitas 1 GB (boleh remove dari disk) dan buang juga disk asli sistem (jangan remove dari disk) sehingga posisinya menjadi unused disk. Edit pada bagian Unused Disk tersebut dan ganti type disk-nya menjadi Virtio.

change-disk

Jangan lupa juga untuk edit Boot order agar mengarah pada harddisk Virtio yang baru. Jalankan kembali VM dan check pada bagian device manager maupun Network Connection yang sudah dapat mengenali Network Card.

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀

Sumber : http://pve.proxmox.com/wiki/Paravirtualized_Block_Drivers_for_Windows

2 comments

  1. siang mas Ahmad,
    mas, saya sdh install windows 2000 server sp4 di proxmox 4.1-1
    Utk proses instalasinya sdh berjalan&server sdh bisa up. Hanya saya ada kendala pd saat akan install virtio drivernya, saya sdh coba dgn versi virtio 0.141, hanya device virtionya tdk terdetect&kalau saya cari di virtio driver tsb, tdk ada utk OS windows 2000 saya coba juga dgn driver windows xp, kondisinya sama, virtio device nya tdk terdetek.
    Saya juga cb download bbrp versi virtio&blm berhasil juga.
    Apakah memang utk windows 2000 ini virtio driversnya tidak ada? brangkali ada tips/triknya?
    terima kasih sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.