Tips Zimbra : Mendefinisikan Default COS untuk Sebuah Domain

Posted by

Salah satu feature yang ada pada Zimbra NE adalah archiving. Feature ini memungkinkan setiap pengiriman dan penerimaan oleh/ke user akan dilakukan archiving. By default, Zimbra NE akan membuat domain @namadomain.archive sebagai domain untuk user archive. Misalnya user uung@imanudin.com memiliki account archive dengan nama uung-02-02-2015@imanudin.archive (nama account tersebut otomatis by sistem). Account archive ini tentunya menggunakan mailbox server untuk menampung email-email yang diarchive.

Salah satu klien Excellent yang menggunakan Zimbra NE, ingin agar mailbox server untuk account archive tersebut dipisah dan dikhususkan untuk account archive saja. Dikarenakan menggunakan skema multi server, maka dibuatlah mailbox server khusus untuk archive. Masalahnya, jika pada environment memiliki beberapa mailbox, pada saat mengaktifkan archiving untuk salah satu/beberapa account, sistem akan otomatis memilih mailbox secara acak. Bisa langsung menggunakan mailbox khusus untuk account biasa, bisa juga langsung menggunakan mailbox khusus untuk archiving.

Agar memaksa setiap pembuatan account dengan nama domain @namadomain.archive menggunakan mailbox yang telah disediakan, dibuatlah COS khusus yang akan mengarahkan account dengan nama domain @namadomain.archive merujuk pada mailbox server archive. Buat 1 buah COS, misalnya COS tersebut diberi nama archive. Pada bagian Server Pool COS yang telah dibuat, pastikan hanya mengarah/ceklist/memilih pada mailbox khusus archive saja. Setelah COS dibuat, paksa domain @namadomain.archive agar selalu menggunakan COS archive yang telah dibuat sebagai default COS

# Temukan zimbraId untuk COS archive

[zimbra@mail ~]$ zmprov gc archive | grep -i zimbraid
zimbraId: ce85c78c-57c1-495a-b375-c2cf56feff6e

# Setelah mendapatkan zimbraId untuk COS archive, lakukan perintah berikut untuk memaksa domain @imanudin.archive menggunakan COS tersebut

zmprov md namadomain.archive zimbraDomainDefaultCOSId ce85c78c-57c1-495a-b375-c2cf56feff6e

# Restart service Zimbra untuk memastikan konfigurasi telah diaplikasikan

zmcontrol restart

Dengan cara tersebut diatas, akhirnya setiap account yang dibuat dengan nama domain @namadomain.archive akan selalu mengarah pada mailbox khusus yang telah disediakan.

Silakan dicoba dan semoga bermanfaat 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.